Takbir Keliling di Mimika Tunggu Kepastian Kepolisian

Bagikan Bagikan
Salah satu kendaraan hias peserta pawai takbir keliling tahun 2016 lalu
SAPA (TIMIKA) – Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Mimika masih menunggu kepastian keamanan dari Kepolisian, untuk melaksanakan takbir keliling. 

“Takbir keliling, PHBI tidak langsung melaksanakannya, tapi harus berkoordinasi dengan aparat keamanan. Sehingga apabila aparat keamanan tidak mengijinkan, maka kami pun tidak melaksanakannya,”kata Ketua PHBI Mimika La Itam Gredenggo, saat ditemui Wartawan di Gedung Serbaguna Masjid Agung Babussalam, Minggu (18/6).

Kata dia, tetapi secara garis besar, pihaknya siap menyeleggarakan pawai takbir keliling seperti tahun lalu. Namun kembali lagi, pihaknya tetap menunggu hasil koordinasi dengan Kepolisian terkait situasi keamanan.

"Kami siap, tapi menunggu petunjuk Polisi,”ujarnya.

Sementara ditempat yang sama, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Mimika, Ustad H M Amin Ar,S.Ag mengatakan, untuk takbir keliling, sudah dibicarakan ditingkat ormas Islam. Dimana PHBI dan MUI, atau PHBI sendiri yang akan bertemu dengan Kepolisian. Dalam arti, kalau kepolisian tidak memperbolehkan, maka kita akan sosialisasi ke masjid-masjid, bahwa tidak melaksanakan takbir keliling. 

“Takbir keliling memang setiap tahun dilaksanakan, tapi harus mendapatkan persetujuan dari pihak keamanan. Persetujuan dari keamanan ini, untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan,”jelasnya.

Kata dia, namun demikian, kondisi ini juga harus dilihat dari sudut pandang yang lain. Dalam arti, kalau tidak dilaksanakan takbir keliling, maka anak-anak akan terjun sendiri. Dan ini akan tidak terkontrol dengan baik.

“Ya diharapkan ada solusi untuk pelaksanaan takbir keliling. Sehingga semua bisa berjalan dengan lancar dan aman. Dan kamtibmas tetap terjaga,”ungkapnya.

Sementara itu, hingga Senin (19/6) Polres Mimika belum menerbitkan ijin penyelenggaraan pawai takbir keliling Kota Timika pada Sabtu (24/6) malam. Hal ini dikarenakan, pihak Polres Mimika masih menunggu laporan perkembangan situasi Kamtibmas di Mimika.

"Surat untuk pengadaan takbir keliling sudah masuk. Tapi tetap saja kami minta laporan intelijen dari semua kesatuan yang ada, terkait situasi terkini. Sehingga dalam pelaksanaan tidak ada yang kecewa," kata Wakapolres Mimika, Kompol Arnolis Korowa, SH kepada wartawan di Mako Polres 32, Senin (19/2). (Markus Rahalus)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment