Test Landing Lapter Aroanop Ditunda

Bagikan ke Google Plus
Yan Slamet Purba 
SAPA (TIMIKA) - Kepala Bidang Perhubungan Udara, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Mimika, Yan Slamet Purba mengatakan, proses test landing Lapangan Terbang (Lapter) Aroanop yang dijadwalkan akan dilakukan pada tanggal 9 - 10 Juni lalu ditunda sementara waktu, sambil menunggu koordinasi dengan pihak air line yang akan melakukan test landing.

"Soal kapan kepastian test landing itu belum ada karena belum ada informasi pasti dari pihak air line. Sekarang teman-teman kita di Dishub sedang menyusun jadwal," ujar Purba saat ditemui di Kantor Pusat Pemerintahan, Senin(12/6).

Dijelaskan, penundaan jadwal test landing bukan karena situasi Lapter yang belum siap.  “Dari segi kesiapan semua sudah siap,” katanya.

Menurutnya, pada saat test landing rencananya pesawat yang akan digunakan yaitu, pesawat Johnlin setelah sebelumnya juga sempat direncanakan akan menggunakan Susi Air. Namun sampai sejauh ini belum ada informasi pihak Susi Air, sehingga Kata Purba, Informasi terakhir yang diterimanya yaitu maskapai Johnlin yang akan melakukan test landing.

"Untuk kesiapan Bandaranya sudah oke. Awalnya Susi Air tapi informasi terakhir yang kami terima pesawat Johnlin yang akan digunakan," ujarnya.

Ia juga menjelaskan, persoalan dalam melakukan test landing ada pada tanggung jawab PTFI, karena PTFI yang bertanggungjawab terhadap pembuatan Lapter sampai dengan tes landing dilakukan. Dengan demikian, informasi untuk kepastian tes landing seharusnya dilakukan konfirmasi kepada pihak PTFI. 

Selanjutnya menurut dia, jika semua proses test landing dilakukan, maka PTFI akan menyerahkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika.

"Yang bangun sepenuhnya Bandara itu adalah PTFI, Pemkab hanya sebagai pengelola saja. Itu makanya alangkah lebih bagusnya dikonfirmasikan juga ke PTFI terkait kapan test landing yang pasti," ujarnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment