Tim Nusantara Sehat Diharapkan Beri Pelayanan Merata

Bagikan Bagikan
Philipus Kehek
SAPA (TIMIKA) - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika, Philipus Kehek menginginkan Tim Nusantara Sehat, yang merupakan program dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI bisa memberikan pelayanan kesehatan secara merata ke setiap Puskesmas yang ada di Mimika.

"Selama ini Tim Nusantara Sehat sudah melaksanakan tugas. Tapi belum merata ke tiap Puskesmas yang ada di Mimika. Kalau bisa mereka memberikan sosialisasi terkait pelayanan di Puskesmas seperti apa," ujar Kehek saat ditemui di Kantor Sentra Pemerintahan, Jalan Cenderawasih, SP 3, Distrik Kuala Kencana, Rabu (14/6).

Dijelaskan, saat ini Tim Nusantara Sehat yang berjumlah enam orang sedang mengambil masa cuti, sehingga pelayanan di tiap Puskesmas ditunda sampai masa cuti selesai. 

“Saya belum mengetahui kapan tim nusantara sehat akan kembali ke Mimika dan melanjutkan tugas,”ujarnya.

Kehek menjelaskan, terakhir Tim Nusantara Sehat sedang melakukan pelayanan di Puskesmas Wakia, Distrik Mimika Barat Tengah. Sehingga kemungkinan setelah tim nusantara sehat selesai melaksanakan cuti maka akan kembali melakukan pelayanan di Puskesmas Wakia. 

Sementara Kehek menginginkan agar apabila di Puskesmas Wakia telah mengalami perubahan dari hasil evaluasi yang akan dilakukan oleh Dinkes, maka pihaknya akan mengarahkan Tim Nusantara Sehat untuk pindah ke Puskesmas lainnya.

"Kita mau tim itu harus merambah semua ke setiap puskesmas. Karenanya, kami akan arahkan ke Puskesmas lainnya," ujarnya.

Terkait dengan Puskesmas mana yang akan menjadi tempat persinggahan Tim Nusantara Sehat selanjutnya. Kata Kehek, hal tersebut akan di evaluasi kembali. Sehingga akan dilihat Puskesmas mana yang benar-benar membutuhkan bantuan dari Tim Nusantara Sehat.

Kehek mengungkapkan Tim Nusantara Sehat telah melakukan pelayanan di Mimika sejak Februari lalu. Dan rencananya melakukan pelayanan di Mimika dalam kurun waktu dua tahun. Dengan demikian, diharapkan dalam waktu tersebut, Tim Nusantara Sehat bisa melakukan pelayanan kesehatan secara merata di Mimika.

"Jangka waktu mereka disini hanya dua tahun. Jadi dalam rentan waktu ini, kami harap mereka bisa melakukan pelayanan secara merata," ujarnya.(Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment