Tokoh Agama dan Ulama Diajak Tangkal Radikalisme

Bagikan ke Google Plus
Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar saat memberikan santunan kepada anak-anak Yayasan Hidayatullah
SAPA (TIMIKA) – Kapolda Papua, Irjen Polisi Boy Rafli Amar mengajak para tokoh agama dan ulama di Kabupaten Mimika untuk menangkal paham radikalisme yang saat ini semakin berkembang di Indonesia. 

Saat menggelar Safari Ramadhan sekaligus buka puasa bersama dengan masyarakat Mimika di Gedung Serba Guna Masjid Agung Babusallam, Kamis (8/6), Irjen Boy Rafli mengatakan, dewasa ini orang-orang muda potensial direkrut oleh kelompok radikal. Disinilah diperlukan peran para ulama dan pemuka agama, untuk terus mengajak dan menyadarkan generasi muda agar tidak terjerumus dalam ajaran radikal. Hal ini karena bertentangan dengan falsafah Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Kebhinekaan.

"Saat ini ada beberapa kegiatan di luar negeri yang memanfaatkan nama agama untuk melakukan kejahatan, contohnya ISIS. Paham-paham seperti itu lagi ngetrend dan mencari pendukung di seluruh dunia. Anak anak muda menjadi potensial bergabung dengan kaum kaum radikal," kata Boy Rafli.

Kapolda meminta seluruh komponen masyarakat Mimika agar bersama-sama membangun ketahanan di Papua dari pengaruh radikalisme tersebut.

"Islam mengajarkan kepada semua warga negara kita bahwa cinta kepada negara merupakan bagian daripada iman," jelas mantan Kadiv Humas Polri itu.

Kapolda mengajak warga Mimika agar menjaga kerukunan antarpemeluk agama, mengingat warga di wilayah itu sangat heterogen. Dimana dalam kemajemukan suku, agama warga Papua, namun bisa hidup rukun dan saling bergotong-royong.

"Kami kepolisian sangat senang apabila masyarakat rukun dan penuh kegotong-royongan. Kepolisian terus mengedepankan kerja sama dengan berbagai pihak termasuk tokoh-tokoh agama agar kehidupan umat beragama penuh dengan kegiatan ibadah, penuh dengan kegiatan yang bernuansa relijius. Jika nilai-nilai ibadah sangat kuat maka itu menjadi benteng bagi umat untuk tidak melakukan hal-hal yang negatif," jelas Boy Rafli. (Markus Rahalus)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment