10 Personil BPBD Mimika Ikut Diksar

Bagikan Bagikan
Ilustrasi
SAPA (TIMIKA) – Sebanyak 10 personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mimika, pekan depan akan mengikuti pelatihan pendidikan dan latihan dasar (Diksar) pemadam kebakaran di Jakarta.

Kepala BPBD Kabupaten Mimika, Yosias Lossu ketika diwawancarai di ruang kerjanya, Rabu (12/7) mengatakan, Diksar tersebut dilakukan untuk menambah kemampuan (skill) para personil  dalam menerapkan tata cara penanggulangan bancana alam tepat sasaran.

“Memang untuk hari pelaksanaan Diksar belum dilaporkan dari Jakarta. Tapi minggu depan 10 personil BPBD bersama pendamping harus diberangkatkan. Sekarang lagi ada persiapan-persiapan khusus, sebagai bekal sebelum ke Jakarta,” ujar Lossu.

Lossu mengatakan, keberangkatan para personil tersebut melalui sharing, karena masih ada dari personil lama yang belum pernah mengikuti kegiatan. Dimana setiap personil BPBD harus mendapatkan berbagai pelatihan secara menyeluruh, agar bisa mengalami perkembangan dalam bidang yang diemban, dan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi).

Menurut Lossu, dalam Diksar nanti  akan diberikan teori dan praktek langsung dilapangan. Ini diperlukan, agar para personil bisa lebih memahami dan mengenal cara penggunaan alat-alat pemadam kebakaran.

“Misalnya,  pada saat kita pegang selang air, tidak bisa sembarang dalam memegang selangnya. Sebab kalau tidak terlatih itu akan membawa resiko. Ini karena,goncangan dan tekanan air itu besar. Selain itu juga latihan pengenalan alat-alat lainnya,”ujarnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment