14 Orang Uji Kemampuan Tertulis Masuk Panwaslu

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) – Ketua Tim Seleksi (Timsel) Panitia  Pengawas (Panwas) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018,  Nikolaus Kununggok mengatakan, sebanyak 14 orang dari 15 peserta yang dinyatakan telah lolos seleksi berkas administrasi  hari ini (kemarin-Red). Peserta itu  mengikuti  uji kemampuan  tertulis masuk anggota Panwas di Gedung LCTC STIE Jambatan Bulan Timika,  di Jalan Sam Ratulangi, Sabtu (22/7) sekitar pukul 10.00 wit.

Ada 14 orang yang ikut tes tertulis tes, ada 1 yang tidak ikut tes,” kata Nikolaus saat ditemui disela-sela tes berlangsung di LCTC STIE JB Jalan Sam Ratulangi, Sabtu (22/7).

Nikolaus menjelaskan, setelah dilakukan tes tertulis yang diperkirakan memakan waktu dua jam lebih, Timsel akan melanjutkan dengan pemeriksaan soal-soal ujian dari ke 14 peserta tersebut. Sesudah itu, Timsel memusnahan soal-soal ujian usai melaksanakan tes, karena  Senin Timsel akan mengumumkan hasil tes tertulis mengingat waktu yang semakin mepet.

 “Kami  memeriksa nilai dan kami  lanjutkan  dengan pembakaran atau pemusnahan soal-soal ujian. Setelah itu,  kami  masuk pemeriksaan berkas karena akan diumumkan hari Senin,” jelas Nikolaus.
Dia menyebutkan dari  14 peserta yang mengikuti tes tertulis, 9 peserta yang akan dipilih  dan dilanjutkan dengan tes wawancara.  Peserta akan melalui dua tahapan tes. Dari  sembila orang itu akan ditapis lagi untuk menghasilkan 6 orang. Nanti enam orang itu yang  dipastikan berangkat ke Jayapura untuk mengikuti tes fit and propert test .

“Yang terpilih maksimal 9 orang dan minimal yang tersaring dari tes wawancara itu 6 orang,” lanjutnya.

Nikolaus juga menambahkan, apabila dari ke 6 peserta yang mengikuti tes wawancara dan tidak memenuhi syarat.  Maka Timsel akan melihat peserta-peserta yang nilai tesnya lebih dari 60 untuk kuota  6 orang dan diberangkatkan ulang ke Jayapura mengikuti  fit and proper test.

“Nanti pada saat tes wawancara  pasti ada yang gugur.  Tapi yang pastinya nanti 6 orang yang akan diberangkatkan ke Jayapura dan kalau pun hanya ada 6 orang yang akan tes wawancara nanti kita akan lihat nilai-nilai peserta mana yang memenuhi nilai 60-an yang nantinya akan ke Jayapura untuk mengikuti fit and propertest,” tambahnya.

Menurtu Nikolaus, dari  6 orang yang mengikuti  tes fit and propert test nantinya akan dipilih 3 besar untuk menjadi Panwaslu Mimika. Sedangkan 3 peserta lainnya akan masuk dalam daftar tunggu.
“Dari 6 orang itu 3 yang nanti akan dipilih masuk Panwaslu dan tiganya daftar tunggu,” katanya. (Ricky Lodar)


Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment