1.500 Sertifikat Tanah Dibagi Gratis di Asmat

Bagikan Bagikan

SAPA (ASMAT) — Kantor Pertanahan Kabupaten Merauke bakal menerbitkan 1.500 sertifikat tanah secara gratis untuk masyarakat di Kabupaten Asmat. Saat ini sudah ada 200-an warga Agats yang mendaftarkan diri untuk memperoleh sertifikat secara cuma-cuma dari pemerintah.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Merauke, Yulianus Keagop menjelaskan, pemberian sertifikat tanah secara gratis diprogramkan oleh Kementerian Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional.

Program tersebut seiring dengan kebijakan Presiden Joko Widodo yang menaikkan target sertifikasi tanah dari satu juta menjadi lima juta bidang (sertifikat) tanah secara gratis bagi masyarakat di seluruh daerah Indonesia.

Dikatakannya, khusus untuk wilayah selatan Papua, bakal diterbitkan 10.000 sertifikat secara gratis bagi masyarakat. “Di Papua Selatan, kita ditargetkan untuk melakukan persertifikatan tanah secara cuma-cuma sebanyak 10.000 bidang. Khusus untuk Kabupaten Asmat itu kuotanya 1500 bidang,” kata Yulianus saat ditemui di Agats, Sabtu (15/7).

Menurut dia, wilayah kerja Kantor Pertanahan Merauke mencakup Kabupaten Merauke, Mappi, Boven Digoel dan Asmat. Kuota 10 ribu sertifikat gratis itu akan diberikan secara proporsional bagi empat kabupaten.

“Untuk Merauke 6000 sertifikat, 1500 Boven Digoel, 1000 Mappi, dan 1500 sertifikat untuk Asmat. Khusus Asmat, kami baru identifikasi sekitar 200-an bidang (sertifikat),” sebut Yulianus.

Kini, sambung Yulianus, Kantor Pertanahan Merauke tengah melakukan pengumpulan data dan informasi terkait pemohonan sertifikat gratis. Jika proses itu telah selesai, selanjutnya dilakukan identifikasi dan pendaftaran. 

“Bagi warga non Papua harus menyertakan surat pelepasan tanah dan dokumen lainnya. Sementara khusus orang asli Papua, hanya menyertakan surat keterangan fisik. Setelah itu kami proses haknya,” kata dia. (Nuel)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment