25 Anggota DPRD Asmat Bakal Turun Reses

Bagikan ke Google Plus
Yusak Bokowi
SAPA (ASMAT) — Sebanyak 25 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Asmat bakal melaksanakan reses ke kampung dan distrik guna menyerap aspirasi masyarakat untuk selanjutnya diakomodir dalam pembahasan APBD Perubahan 2017.

Ketua DPRD Kabupaten Asmat, Yusak Bokowi mengatakan, beberapa hari lagi puluhan anggota legislatif di Asmat akan melaksanakan reses di tiga daerah pemilihan. Saat ini dewan tengah mempersiapkan diri untuk turun ke sejumlah kampung dan distrik.

“Hari ini kita baru bahas persiapan reses, dan dalam beberapa hari lagi kami akan turun ke kampung dan distrik. Reses selama 5 hari, dan semua anggota dewan wajib melaksanakan itu,” kata Yusak, Rabu (12/7/2017).

Saat reses, kata dia, anggota dewan diminta benar-benar mendengar apa yang diinginkan dan menyerap aspirasi masyarakat. Semua aspirasi ditampung dan disampaikan kepada pimpinan dewan untuk selanjutnya dibahas bersama.

“Nanti dibahas dalam forum dewan, apa yang menjadi prioritas itu yang akan diusulkan kepada pemerintah daerah agar diprogramkan. Terutama aspirasi yang langsung menyentuh kebutuhan masyarakat, seperti pendidikan, kesehatan dan ekonomi,” kata Yusak.

Dalam beberapa kesempatan mengunjungi kampung dan distrik, ungkap Yusak, ada hal-hal khusus yang diharapkan masyarakat di antaranya terkait pembangunban di sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan pemekaran kampung dan distrik.

“Tapi kami sudah sampaikan bahwa untuk pemekaran itu masih ada moratorium oleh pemerintah pusat. Sehingga kami minta mereka bersabar. Hasil reses ini akan dibahas dalam rapat, mana yang prioritas akan kita dorong dalam perubahan anggaran,” kata dia.

Yusak menambahkan, pembangunan sektor pendidikan, kesehatan dan infrastruktur merupakan pelayanan dasar yang wajib dipenuhi pemerintah. Dengan mendorong dan memprioritaskan ketiga sektor itu, masyarakat akan lebih berperan aktif dalam pembangunan.

“Sejauh ini pembangunan yang sudah dilakukan pemerintah daerah sudah sangat baik, seperti program 1000 hari pemberian asupan gizi, pembangunan jalan beton, bandar udara, pasar, pemberdayaan ekonomi dan lain-lain. Kami harapkan kerja sama eksekutif dan legislatif terus terjalin dalam rangka pembangunan Kabupaten Asmat,” tandasnya. (Nuel)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment