346 Personel Polisi Dikerahkan Amankan PSU Yapen

Bagikan Bagikan


SAPA (JAYAPURA) - Sebanyak 346 personeil polisi dari Polres Yapen dan Polres Waropen dikerahkan untuk pengamanan pemungutan suara ulang (PSU) pada 26 Juli 2017 di Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua.

Kapolres Kabupaten Kepulauan Yapen AKBP Darma Suwandito ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Senin (24/7), mengatakan pada Senin siang dilakukan apel kesiapan sekaligus pemberangkatan personel dalam rangka pengamanan PSU.

Apel kesiapan dan pemberangkatan dilaksanakan di Mapolres Kepulauan Yapen diikuti sebanyak 346 personel yang terdiri dari 280 personel Polres Kepulauan Yapen, 50 personel BKO Polres Waropen, dan 16 perwira pengendali (Padal) Polda Papua.

Kegiatan tersebut juga untuk pengecekan terakhir sebelum diberangkatkan menuju TPS. Pengecekan meliputi administrasi, obat-obatan, dan pembagian uang makan, uang saku serta uang transportasi.

"Saya sampaikan bahwa anggota tidak membawa senjata api sehingga diharapkan anggota mengenal dan menjalin kerja sama dengan anggota Linmas yang bertugas, pengamanan dilakukan di luar TPS, tidak dibenarkan anggota memasuki area dalam TPS, kecuali ada permintaan dari ketua KPPS," katanya.

Pengamanan meliputi pengawasan dan pengamanan kotak suara dari mulai pencoblosan hingga penghitungan surat suara, dari TPS ke PPK, dari PPK ke PPD.

"Jangan sekali-kali anggota mabuk saat menjalankan tugas pengamanan," katanya menerangkan arahan yang disampaikan.

AKBP Darma juga meminta kepada anggota agar selalu menjaga kesehatan, kewaspadaan, dan keamanan selama menjalankan tugas pengamanan.

"Juga untuk perwira pengendali (Padal) dari Polres Kepulauan Yapen agar bertanggung jawab penuh terhadap kotak suara dan anggotanya, berangkat dan kembali harus dalam keadaan lengkap," katanya.

PSU Kabupaten Kepulauan Yapen meliputi 16 Distrik di 165 Kampung dan 264 TPS serta jumlah DPT sebanyak 104.319 pemilih, mencakup pemilih laki-laki 53.874 dan pemilih perempuan 50.445.

Pada Jumat pekan kemarin, Polres Yapen memfasilitasi deklarasi kampanye damai yang diikuti oleh enam pasangan calon bupati dan wakil bupati di Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen yang dihadiri oleh Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George E Supit, Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, Ketua KPU Papua Adam Arisoy, Kepala Sekretariat Perwakilan Komnas HAM Papua Frits Ramandey, perwakilan Bawaslu Papua, Dandim Yapen dan para forkompimda.

PSU di Kabupaten Kepulauan Yapen diikuti oleh enam pasang calon, yakni Tonny Tesar-Frans Sanadi, Yulianus Klemen Worumi-Zefanya Yeuwun, Marthen Kayoi-Aser Paulus Yowei, Simon Atururi-Isak Samuel Worabai, Benyamin Arisoy-Nathan Bonay dan Melkianus Laviano Doom-Saul Ayomi. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment