80 Peserta Ikut Seleksi Paskibra 2017

Bagikan Bagikan
Ilustrasi
SAPA (TIMIKA) - Sebanyak 80 peserta yang merupakan utusan dari 11 sekolah yang ada di Kabupaten Mimika, mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) 2017 di Markas Komando Pangkalan Udara (Mako Lanud) Timika.

“Perekrutan yang dimulai hari ini dari beberapa sekolah yang ada di Timika. Dimana dari 80 orang akan diseleksi menjadi 50 peserta, yang memiliki kriteria yang ditentukan, mulai postur tubuh dan pengetahuan tentang PBB,”kata Koordinator Penyeleksi Paskibra,Letda Slamet Waluyo kepada wartawan di Mako Lanud Timika, Jumat (14/7).

Adapun sekolah yang mengikuti seleksi ini adalah SMA N I Timika, SMA Yapis, SMA Al-Falah, SMK N 1, SMA DDI, SMK Pelayaran, SMA 6 , SMA 3 Tiga Raja, SMA Advent, SMK Penerbangan dan SMK Kesehatan.

“Dari masing-masing sekolah ini akan mengirim muridnya 10 orang seperti 10 laki-laki dan 10 perempuan yang kemudian akan kita seleksi disini. Proses seleksinya dilakukan selama tiga hari ini yakni 14-17 Juli 2017. Dan pada hari terakhir, yakni Senin (17/7) penentuan berapa perserta yang lolos,”jelasnya.

Ditambahkannya, selama proses seleksi, yang kita lihat adalah gerakan pasukan baris berbaris (PBB), mulai dari berjalan sampai jalan ditempat. Disini nantinya akan di buat peregu dan akan dilihat masing-masing orang, apakah dia bisa atau tidak? Dan ini akan diawasi oleh masing-masing pelatih.

“Proses penyeleksi dimulai sekitar pukul 08.00 WIT sampai jam 14.00 WIT. Dan pelatih yang terlibat dari Kodim 1710 Mimika, Denkav III, Batlyon 754, Brigif 20 IJK, Lanal Timika, dan Polres Mimika,”jelasnya.

Lanjut Slamet, standarisasi untuk personil yang dibutuhkan untuk perempuan sebanyak 18 orang dan laki-laki sebanyak 23 orang. Dari jumlah ini, nantinya akan dimasukkan ke dalam pasukan delapan, 17, dan 45.

“Bagi peserta yang lolos akan diajarkan banyak hal, mulai dari PBB sampai dengan kedisiplinan. Ini dilakukan, agar pada saat pelaksanaan upacara, anak-anak ini bisa melangkah dan mengibarkan Bendera Merah Putih dengan baik,”tuturnya.(Markus Rahalus)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment