Agustus Ini Disdukcapil Lakukan Validasi Data Penduduk

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) - Awal Agustus 2017, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika akan melakukan validasi atau pemutakhiran data penduduk. Hal itu dilakukan untuk menentukan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam mempersiapkan agenda pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2018.

Kepala Disdukcapil Mimika, John Wicklif Tegai mengatakan, validasi data sangat perlu dilakukan dalam rangka pengesahan dan syarat penduduk yang wajib memilih saat penyelenggaraan pilkada. Agar tidak ada keterlibatan penduduk berusia dibawah kategori serta penduduk luar yang ikut memilih.

Selain itu, validasi data dilakukan untuk memperlancar agenda Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Mimika, jelang tahapan pilkada yang sudah mulai pada awal September atau Oktober mendatang.

“Karena agenda KPUD sudah mulai di bulan September atau Oktober. Validasi data ini bulan Agustus sudah harus jalan, tapi untuk tanggalnya belum bisa dipastikan, kata John Wicklif, saat ditemui awak media di Graha Eme Neme Yauware, Jumat (29/7).

Selain melakukan validasi data, Disdukcapil akan melaksanakan workshop verifikasi DPT. Workshop ini akan melibatkan seluruh stakeholder yang berkepentingan dalam melaksanakan pilkada, mulai dari tahap persiapan hingga hari penentuan.

Workshop verifikasi DPT ini juga sangat penting, supaya pada saat agenda KPU dalam melakukan verifikasi, semua stakeholder yang berkepentingan terkait pilkada sudah tahu, apa saja yang harus mereka lakukan,” terangnya.

Diharapkan pihak yang tidak berkepentingan dengan verifikasi DPT, agar tidak ikut campur urusan tersebut, terutama dalam menghadirkan data-data siluman.


Validasi data penduduk dan verifikasi DPT ini sangat diperlukan untuk mencegah kecurangan-kecurangan," katanya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment