Arus Balik Mudik Lebaran Terpantau Masih Normal

Bagikan ke Google Plus
Suasana di Bandara Mozes Kilangin pasca lebaran
SAPA (TIMIKA) - Libur hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah akan berakhir. Tetapi pantauan di Bandara Udara Moses Kilangin, arus balik mudik masih normal. Diperkirakan lonjakan arus balik baru akan terjadi pada pekan depan. 

Kepala Bandara Mozes Kilangin, Subagiyo Hadidjan saat dihubungi via telepon, Jumat (30/6) mengatakan, arus mudik lebaran di bandara Timika sejak H+1 hingga H+5 ini terpantau normal, dimana kepadatan penumpang belum terlihat jauh lebih melonjak jika dibandingkan dengan hari-hari biasa.

"Untuk sekarang masih sama seperti hari-hari biasanya. Untuk penumpang yang balik usai jalani liburan Idul Fitri masih belum terlalu nampak, karena biasanya sekitar dua pekan lagi baru terlihat lonjakannya,"tutur Subagiyo.

Dijelaskan, peningkatan penumpang yang diprediksi pada dua pekan akan datang dipengaruhi juga oleh berakhirnya liburan sekolah. Sehingga pemudik dan masyarakat lain yang kemungkin pergi berlibur di luar Timika secara pasti akan kembali pada pekan-pekan depan dan disesuaikan dengan jadwal kerja atau pun sekolah bagi anak-anak.

Menurut dia, hal tersebut juga diketahui dengan belum adanya permintaan dari operator maskapai Garuda dan Sriwijaya untuk menambah penerbangan ke bandara Mozes Kilangin Timika.

"Biasanya kami akan mengetahui adanya lonjakan penumpang balik jika sudah ada permintaan dari Garuda dan Sriwijaya dengan patokan hari tanggal tertentu,"ujarnya.

Meski demikian dirinya mengatakan, pihaknya akan tetap mengantisipasi jika ada permintaan penambahan penerbangan ke Timika, khususnya dari luar Papua oleh dua operator penerbangan. Sehingga pelayanan perjalanan balik para pemudik bisa lancar.

Ia menambahkan, kebiasaan para pemudik adalah jika saat mudik liburan menggunakan jasa udara, namun ketika libur usai dan balik maka sebagaian memilih mengikuti perjalanan laut dengan menggunakan jasa Pelni. Hal tersebut dikarenakan ada masyarakat yang ingin menikmati waktu sisa luburan dengan menikmati perjalanan yang lama.

" Kan tidak semua pemudik yang menggunakan jasa udara saat melakukan mudik, tapi ada juga yang saat pulang memilih lewat laut. Biasanya untuk yang dalam kawasan indonesia timur seperti Makassar, Manado, Ambon dan daerah lainnya di wilayah indonesia timur,"ungkapnya.(Acik)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment