Bappeda Ingatkan SKPD Mempercepat Penyerapan APBD

Bagikan Bagikan
Simon Mote
SAPA (TIMIKA) - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mimika, Simon Mote mengingatkan kepada setiap pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk mempercepat proses penyerapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017. Hal ini dikarenakan, mengingat batas akhir tahun anggaran pada 15 Agustus 2017.

"Waktu kita, tinggal beberapa bulan ke depan. Karenanya, saya harap semua pimpinan SKPD pro aktif dan tidak boleh ada yang diam menyimpan Dokumen Penggunaan Anggaran (DPA). Tapi harus langsung eksekusi di lapangan," ujar Mote saat diwawancarai usai mengikuti apel pagi di halaman Sentra Pemerintahan Kabupaten Mimika, Jalan Cenderawasih, SP 3, Distrik Kuala Kencana, Senin (3/7).

Menurut Simon, seharusnya tahap yang sudah dilakukan SKPD adalah proses pelelangan. Dimana, setelah melakukan penunjukan PPTK, maka dilanjutkan dengan pembentukan panitia lelang. 

"Pelelangan kegiatan itu seharusnya sekarang ini sudah dijalankan,"ujarnya.

Sementara untuk kegiatan disetiap SKPD yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAU) dan dana Otonomi Khusus (Otsus). Kata dia, seharunya sudah dapat diumumkan siapa pemenang lelang kegiatan tersebut. Hal ini dikarenakan, DPA sudah diserahkan sebagai dasar hukum pelaksanaan kegiatan.

“Untuk kegiatan yang bersumber dari DAU dan Otsus, harus segera diumumkan. Karena DPA sudah diserahkan,”katanya.

Mote menambahkan, untuk mendorong penyerapan APBD di setiap SKPD, Bappeda mengagendakan pertemuan khusus dengan setiap SKPD pengelola dana Otsus 2017 untuk melakukan evaluasi. Dan karena hal tersebut, pihaknya telah memberikan waktu sepekan untuk menyelesaikan administrasi. Sehingga penyerapan anggaran bisa dieksekusi dengan baik dan cepat.

"Kami akan melakukan pertemuan dengan semua SKPD, untuk mengevaluasi sudah sejauh mana pelaksaan program dijalankan. Ini dilakukan, sebagai upaya untuk mendorong penyerapan APBD 2017. Sehingga anggaran tersebut terserap secara optimal,”ungkapnya.(Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment