Berbagai Manfaat Bunga Kamboja untuk Kesehatan

Bagikan Bagikan


MUNGKIN bunga kamboja banyak Anda temukan di lokasi pemakaman atau beberapa rumah dekat pantai atau villa eksotis, di mana bunga kamboja menjadi pemanis dekorasi. Namun dibalik harum dan kecantikannya, bunga ini menyimpan banyak manfaat bunga kamboja yang bisa Anda gunakan sebagai pengobatan kesehatan.



Manfaat bunga kamboja bagi kesehatan

1. Mengobati Bisul
Manfaat pertama yang bisa Anda peroleh dari bunga kamboja adalah mengobati bisul. Salah satu penyakit kulit ini sangat mengganggu karena selain menimbulkan rasa sakit, bisul juga dapat merusak penampilan Anda. Nah, untuk mengatasinya, Anda bisa dengan manfaat bunga kamboja dan dengan dua pilihan cara. Cara pertama, Anda akan membutuhkan bunga kamboja serta minyak kelapa. Olesi bunga kamboja dengan minyak kelapa, lalu tempatkan bunga kamboja yang sudah dilumuri minyak kelapa pada bagian kulit yang terkena bisul. Setelah kering, ganti dengan bunga kamboja lainnya. Untuk cara kedua, Anda akan membutuhkan getah pohon kamboja. Caranya, ambil getah kamboja dari pohonnya, lalu langsung oleskan pada bagian kulit yang terkena bisul. 

2. Mengobati Kencing Nanah
Kencing nanah adalah salah satu penyakit yang menyerang saluran kemih atau tempat keluarnya urin. Kencing nanah adalah penyakit yang mengerikan karena dapat memberikan rasa yang sakit saat Anda buang air kecil. Untuk mengatasinya, Anda bisa memilih cara yang alami, yaitu dengan menggunakan manfaat bunga kamboja. Bagaimana caranya? Anda akan membutuhkan 1 buah akar pohon kamboja. Cuci akar pohon kamboja tersebut hingga bersih. Setelah bersih, rebus akar dengan menggunakan 2 gelas air. Biarkan hingga airnya mendidih dan airnya menyusut hingga menjadi setengahnya atau menjadi 1 gelas. Minum air rebusan akar ini dengan rutin selama sekali dalam sehari.

3. Mengatasi Bengkak
Jika Anda sedang mengalami bengkak yang disebabkan oleh berbagai penyebab pada tubuh, Anda bisa mengatasinya dengan manfaat  bunga kamboja. Kamboja memiliki kandungan yang dapat meredakan pembengkakan yang terjadi pada tubuh, sehingga bagian kulit yang mengalami bengkak dapat sembuh dan berangsur-angsur kembali seperti semula. Nah, untuk dapat mengatasinya dan meredakan bengkak dengan kamboja, Anda akan membutuhkan kulit pohon kamboja secukupnya. Tumbuk kulit pohon tersebut hingga halus, lalu rebus kulit pohon kamboja yang sudah halus dengan setengah panci air. Tunggu hingga air mendidih, lalu biarkan hingga menjadi cukup hangat untuk diberikan pada kulit. Jika memungkinkan, rendam bagian yang bengkak dengan air rebusan kulit pohon tersebut saat airnya masih hangat. Namun jika tidak memungkinkan, cukup kompres saja bagian yang bengkak dengan air rebusan yang masih terasa hangat.

4. Menghilangkan Kutil
Manfaat bunga kamboja berikutnya adalah menghilangkan kutil. Kutil adalah suatu gejala yang menimpa kulit, di mana terjadi penumpukan lapisan kulit sehingga membentuk kutil atau lapisan kulit berlebih. Kutil adalah salah satu gejala pada kulit yang mengganggu, karena kondisinya yang tidak normal dapat merusak penampilan dan kesehatan kulit Anda, terutama jika kutil terjadi pada bagian kulit yang terbuka. Tapi jangan khawatir, jika Anda sedang memiliki masalah kutil, Anda bisa mengatasinya dengan cara alami, dan salah satunya adalah dengan kamboja. Kamboja memiliki kandungan vitmain E dan emolien yang tinggi, sehingga dapat mendorong proses regenerasi sel kulit yang lebih sehat. Selain itu, kamboja juga dapat menghaluskan kulit Anda sebagai bonus. Caranya mudah, cukup gunakan getah kamboja untuk obat kutil dengan mengoleskannya pada kutil menggunakan kapas atau cotton bud.

5. Menghilangkan Tahi Lalat
Kondisi yang satu ini masih berkaitan dengan kulit. Jika kutil adalah kondisi di mana lapisan kulit bertumpuk, tahi lalat dipercaya sebagai pigmen kulit yang berkumpul pada bagian kulit tertentu, sehingga membentuk tahi lalat. Bagi sebagian orang, tahi lalat menjadi spesial karena memiliki arti tertentu, namun bagi sebagian lainnya bisa menjadi sangat mengganggu baik karena terlalu banyak, atau berada di posisi yang salah. Tahi lalat bisa dihilangkan, salah satu cara alaminya adalah dengan menggunakan manfaat bunga kamboja. Caranya sama dengan cara Anda menghilangkan kutil di atas, yaitu dengan mengoleskan getah kamboja menggunakan kapas atau cotton bud pada tahi lalat.
Itulah beberapa manfaat bunga kamboja yang bisa Anda peroleh dengan memanfaatkan tidak hanya bunga, melainkan kulit batang dan akar kamboja. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment