BPKAD Bakal Cek Dana Bos dan APBD di Ratusan Sekolah

Bagikan Bagikan



SAPA (ASMAT) — Bidang Aset Daerah pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Asmat bakal mengecek dan mendata dana-dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) di 149 sekolah yang berada di Asmat.

“Kami turun karena ada rekomendasi dari BPK terkait tidak adanya stok persediaan dana BOS dan APBD di sekolah-sekolah. Kami akan turun ke 149 sekolah untuk mendata persediaan dana BOS dan APBD,” kata Kepala Bidang Aset Daerah BPKAD Asmat, Rudolfus D. Noviarto, Senin (17/7) kemarin.

Rudolfus menyatakan, pihaknya akan mendatangi ratusan sekolah negeri maupun yayasan pada bulan September mendatang guna melakukan pendataan dan pengecekan persediaan dana BOS dan APBD di masing-masing sekolah.

Tahun lalu, ungkapnya, persediaan dana BOS dan APBD di sekolah-sekolah tidak terkaver. Sebab di tahun itu, pihaknya lebih fokus melakukan pencatatan dan pendataan obat-obatan di puskesmas maupun puskesmas pembantu.

“Tahun kemarin kami lebih fokuskan di puskesmas dan pustu. Sesuai rekomendasi BPK, kami akan mendata atau membuat persediaan untuk sekolah-sekolah sehingga bisa diketahui stok akhir persediaannya,” ujar dia.
Temuan  BPK lainnya pada bidang pendidikan terkait sekolah-sekolah negeri yang belum menyelenggarakan pencatatan atas mutasi barang masuk dan keluar dalam buku persediaan. Sekolah juga belum melakukan opname fisik sehingga tak diketahui berapa sisa persediaan per 31 Desember 2016.

“Juga ada temuan di 4 OPD lainnya, yakni Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Dinas Pariwisata dan Budaya, dan Dinas Perindagkop. Ini semua sudah ada rekomendasi BPK,” tandasnya. (Nuel)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment