BPN Jalankan Prona 10 Ribu Sertifikat Tanah

Bagikan Bagikan



SAPA (TIMIKA) - Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Mimika John W Aufa mengatakan, Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) atau Program Nasional (Prona) yang sedang dilaksanakan oleh BPN Timika merupakan program yang dicanangkan oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo.
"Ini program dari Presiden untuk melaksanakan Undang-Undang nomor 5 tahun tahun 1960 pasal 19 dimana pemerintah diwajibkan mendaftarkan tanah di seluruh wilayah Republik Indonesia. Maka dari itu tahun ini Kabupaten Mimika melaksanakan PTSL atau disebut juga Prona," kata John saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Rabu (18/7).


John menjelaskan, program tersebut dilakukan secara bertahap disetiap distrik. Karena itu, sebelum melaksanakan program tersebut, BPN telah melakukan sosialisasi yang dimulai dari distrik yang berada di kota kemudian selanjutnya menyusul ke distrik yang lainnya dengan tujuan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.



"Sosialisasi ini kita mulai dari Distrik Miru. Program ini intinya adalah untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat di bidang pertanahan," jelasnya.


John mengungkapkan program nasional (prona) dari pemerintah pusat memberikan prioritas kuota pengurusan sertifikat tanah dengan jumlah yang sangat besar yakni 10 ribu sertifikat. Ia mengakui bahwa Program Daerah (Proda) Papua mendapatkan kuota hanya seribu sehingga jumlah keseluruhan sebanyak 11 ribu. 

Menurut John untuk sekarang ini pemerintah pusat sedang melakukan pemerataan pembangunan mulai dari pembangunan fisik sampai program-program. Ia menambahkan pihaknya sangat mendukung program prona dan proda dengan melayani masyarakat secara baik dalam mengurus sertifikat tanah.

"Tujuan agar semua daerah di Mimika ini menjadi desa yang lengkap, distrik lengkap dan kabupaten lengkap dan bersertifikat agar batasnya jelas," jelasnya. (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment