Dana Rp 50 Juta Tidak Cukup Untuk BPBD

Bagikan Bagikan



SAPA (TIMIKA) – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mimika, Yosias Lossu mengakui, tahun ini pihaknya hanya mengelola dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017 sebesar Rp 50 Juta. Besaran anggaran tersebut sangat tidak cukup untuk membiayai operasional penanggulangan bencana di Mimika.
“Alokasi dana kami sangat minim sehingga untuk penggunaannya nanti kami akan berikan untuk yang benar-benar keadaan darurat sesuai dengan prosedur BPBN,”  kata Yosias saat diwawancarai  di halaman sekolah SMPN 2, Jalan Budi Utomo, Selasa (18/7).
Yosias mengatakan  bila terjadi bencana di banyak titik di Mimika, maka besaran anggaran  tersebut tentunya tidak dapat mengakomodir semua.
“Saya rasa untuk membantu masyarakat yang selama ini menjadi korban banjir di dalam Kota Timika dan sekitarnya itu sudah tidak cukup. Apa lagi kalau untuk bencana-bencana yang besar,” ujarnya.
Terkait keterbatasan dana tersebut, pihaknya menjalin kerja sama dengan Search and Rescue (SAR) untuk membantu proses evakuasi para pendulang yang terjebak banjir di area PTFI beberapa waktu lalu.
“ Waktu menyelamatkan pendulang beberap waktu lalu, terpaksa kami jalin kerja dengan SAR. Kalau tidak mau bagaimana? Kerena dana kami sangat minim,”ujarnya. (Acik).
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment