Demo Guru Kantongi Izin Kepolisian

Bagikan ke Google Plus
AKP Junan Plitomo Kambey
SAPA (TIMIKA) – Kapolsek Kuala Kencana, AKP Junan Plitomo Kambey mengatakan, aksi demo yang dilakukan ratusan guru honor di kantor Dinas Pendidikan Dasar dan Kebudayaan (Dispendasbud) Kabupaten Mimika, sebelumnya telah mengantongi izin dari pihak kepolisian. Karena telah memiliki izin maka demo tersebut dikawal puluhan anggota kepolisian baik dari Polres Mimika dan Polsek Kuala Kencana. 

“Kalau sudah dikawal polisi berarti sudah kantongi izin, dengan syarat demo ini tidak melanggar batas-batas dan aturan-aturan yang berlaku,” kata Junan disela-sela pengamanan demo guru di Kantor Sentra Pemerintahan, Kampung Karang Senang, Distrik Kuala Kencana, Senin (3/7).

Telah mengantongi izin melakukan demo dan dianggap legal telah mengikuti prosedur yang berlaku, sedikitnya 20 anggota kepolisian dikerahkan untuk mengamankan jalannya aksi demo. Sedikitnya 10 personil dari Polres Mimika dan 10 personil lainnya dari Polsek Kuala Kencana mengawal jalannya aksi demo.

“Kalaupun ini merupakan wilayah Polsek Kuala Kencana, tetapi kami harus berkoordinasi bersama polres termasuk penambahan anggota. Itu makanya dari polres ditugaskan 10 anggotanya,” ujarnya.

Massa yang merupakan para guru honor dalam melakukan aksinya diberikan batas waktu hingga pukul 18.00 WIT. Dari aksi yang dilakukan, kepolisian mengakui sudah berjalan dengan tertib.

Sementara itu, adanya aksi penyegelan pintu kantor Dispendasbud Mimika, Junan mengatakan bahwa hal tersebut dapat dipahami oleh pihaknya, sebab aksi itu merupakan spontanitas para pendemo sebagai wujud kekecewaan atas jawaban yang tidak memuaskan.

Oleh sebab itu kepolisian akan melakukan koordinasi lebih lanjut bersama pihak terkait dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, agar penyegelan pintu bisa dibuka dan aktivitas di Kantor Dispendasbud Mimika dapat berjalan normal pada hari ini, Selasa (4/7). 

“Penyegelan itu secara spontan, dan masih bisa dipahami. Tapi kita pastikan gembok akan dibuka secepatnya supaya tidak mengganggu aktivitas Dispendasbud,” katanya.

Selain dikawal anggota kepolisian, aksi demo solidaritas guru se-Kabupaten Mimika yang menuntut pencairan dana insentif juga dikawal puluhan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Ini dalam wilayah yang menjadi tupoksi kami. Saya akan kerahkan semua anggota kalau misalnya aksi berubah menjadi memanas. Tapi kami akui, demo para guru ini sangat santun," ujar Kepala Satpol PP, Septinus Marandof. (Acik Nasma)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment