Digelar Pengobatan Gratis Peringati Hari Bhakti TNI AU

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA)  - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) menggelar pelayanan dan pengobatan gratis bagi warga masyarakat di Distrik Kwamki Narama. Pengobatan gratis itu dalam rangka memperingati Hari Bhakti TNI AU  di Puskesmas Kwamki Narama bekerjasama dengan  Ikatan Dokter Indonesia (IDI), RSUD Kabupaten Mimika, Dokter dari Lanud dan GSI.

"Ini kegiatan dipusatkan di Puskesmas Kwamki Narama, untuk jumlah pasien lebih dari 100 orang," kata Danlanud Timika,Letkol Pnb.  Agustinus Gogot Winardi kepada wartawan di Puskesmas Kwamki Narama, Jumat (21/7).

Dia mengatakan, pertimbangan pelaksanaan pengobatan gratis itu dilaksanakan di Distrik Kwamki Narama, karena  dekat dengan Lanud dan warga  Kwamki Narama sangat membutuhkan."Saya berharap kegiatan ini dimanfaatkan dengan baik dan bermanfaat bagi  masyarakat yang ada di Kwamki Narama," harapnya.

Sedang Dokter Auyong  mengatakan,  kegiatan pengobatan gratis yang dilakukan di Kwamki Narama ini dalam rangka memperingati Hari Bhakti TNI AU. Untuk mendukung kegiatam tersebut, katanya IDI membawa  peralatan ultrasound graphy (USG) dan EKG Portable yang  praktis  bisa dibawa dan digunakan di daerah pedalaman.

Dikatakannya,  pelayanan dan pengobatan gratis kali ini merupakan kegiatan yang fasilitas pendukungnya sangat lengkap. Ada EKG, USG, alat pemeriksaan golongan darah  dan tes urine. Maka tenaga medis bisa mengetahui fungsi ginjal, kencing manis atau tidak. Selain itu,  ada pelayanan dari PGDI.

Kegiatan ini sekaligus sebuah terobosan TNI AU bekerjasama IDI  memperkenalkan kepada masyarakat bahwa bhakti sosial seharusnya seperti ini. "Ini dilakukan cukup lengkap sehingga bisa diketahui penyakitnya, baru bisa mengobati seseorang. Tanpa alat pemeriksaan penunjang tentu kita tidak tahu penyakit seseorang. Hari ini yang diutamakan medical cekup,  nanti besok baru dilakukan sunatan, donor darah dan penyuluhan kesehatan,"ujarnya.

Dia berharap dari IDI kedepan,  kegiatan-kegiatan sosial dilakukan seperti ini, ini yang namanya  paripurna. “Saya berharap pelayanan sosial kepada masyarakat itu dilakukan semaksimal mungkin. Supaya masyarakat puas,” harapnya.(Markus Rahalus).


Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment