Dinsos Tidak Tangani Orang Gangguan Jiwa

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mimika tahun ini tidak memiliki program untuk penanganan orang dengan gangguan jiwa karena keterbatasan anggaran.

 Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Rehabilitasi Dinsos Mimika,   Nussy, kepada wartawan saat ditemui di Hotel Serayu, Kamis (27/7).

Dikatakan, untuk tahun ini hanya ada empat program, yakni rehabilitasi, bantuan anak terlantar, tanggap darurat dan disabilitas.

“Kalau tahun lalu itu ada tujuh, termasuk penanganan orang dengan gangguan jiwa,” katanya.
Ia menjelaskan, sangat disayangkan bahwa tidak ada program tersebut tahun ini, padahal penyakit ini hampir sama seperti wabah. Di mana di jalan-jalan terlihat cukup banyak. Namun demikian pihaknya saat ini sudah mulai melakukan pendataan, guna mengetahui jumlah penderita gangguan jiwa.

Sementara itu, pada tahun sebelumnya Dinsos menangani setidaknya lima orang penderita gangguan jiwa yang selanjutnya di kirim ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) di Jayapura, yang mana kemudian sudah dinyatakan sembuh dan kembali ke Timika. Hanya saja lanjutnya pasca kembali ke Timika, belakangan diketahui kambuh kembali, disebabkan kurangnya perhatian dari pihak keluarga. Masih harus ada obat yang harus dikonsumsi, tetapi tidak dilanjutkan, sehingga kembali mengalami gangguan jiwa.

“Kita sudah kasih tahu ke keluarganya bahwa obat khusus untuk gangguan jiwa tersedia di Puskesmas Timika Jaya, tetapi karena tidak perhatian jadi kembali kambuh lagi,” imbuhnya. (Ricky Lodar)


Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment