Disdukcapil Diminta Verifikasi Ulang Akta Nikah

Bagikan Bagikan
Viktor Kabey
SAPA (TIMIKA) - Politisi Partai Bulan Bintang (PBB) Kristian Viktor Kabey, meminta kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimkka, agar melakukan verifikasi ulang terhadap dokumen kependudukan, khususnya akta nikah. Karena diduga dokumen ini dipalsukan oleh oknum pegawai dan beredar di masyarakat. 

"Dokumen kependudukan harus diverifikasi," kata Viktor Kepada wartawan di kantor DPRD Mimika di jalan Cenderawasih, Selasa (11/7), 

Viktor mengatakan, sangat disayangkan jika instansi pemerintahan mengeluarkan dokumen yang tidak sah alias palsu. Tentunya ini sangat meresahkan masyarakat. Untuk itu kata dia, perlu diverifikasi ulang dokumen-dokumen yang sudah beredar dimasyarakat tersebut.

"Masyarakat merasa dirugikan," jelasnya. 

Lanjut dia, ini juga perlu dilaporkan oleh kepala dinas kepada Polisi, sebab pemalsuan dokumen negara adalah tindak pidana. 

"Ini pidana, karena sudah palsukan dikumen kependudukan," terangnya. 

Menurut hematnya di dinas mungkin terjadi kebablasan, sebab sebelumnya kepala dinas juga menjadi persoalan. Di sisi lain masyarakat terdesak dengan kebutuhan dokumen kependudukan, sehingga ada dokumen yang tidak sah. 

"Dokumen palsu ini kan orang bisa saja bikin," cetusnya. 

Dikatakan, akta nikah palsu di tangan masyarakat ini akan menjadi persoalan, apalagi ketika ada proses perceraian, selain itu, pihak Disdukcapil belum tahu persis sudah berapa banyak dokumen ilegal yang dipegang oleh masyarakat. 

"Sehingga perlu perhatian dari pemerintah dalam hal ini kepala dinas," pintanya.(Ricky Lodar)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment