Dishubkominfo Mimika Usulkan Penerbangan Perintis Layani Aroanop

Bagikan Bagikan
Lapangan Terbang Anggoinggin, Aroanop, Distrik Tembagapura
SAPA (TIMIKA) - Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Mimika, akan mengusulkan adanya penerbangan perintis ke Lapangan Terbang Anggoinggin, Aroanop, Distrik Tembagapura pada 2018.

Kepala Dishubkominfo Mimika John Rettob di Timika, Senin, mengatakan Lapter Anggoinggin Aroanop yang dibangun oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) dengan panjang 461 meter, lebar 18 meter dengan kemiringan 7-9 derajat sudah rampung, dan tinggal menunggu dioperasikan secara resmi.

Maskapai penerbangan Susi Air dengan pesawat jenis Pilatus Porter juga telah melakukan uji terbang (test landing) di Lapter Anggoinggin, Aroanop pada 29 Juni 2017 lalu, dengan hasil memuaskan.

"Kami sudah usulkan ke Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, agar 2018 nanti ada penerbangan perintis reguler dua kali sepekan ke Aroanop. Kegiatan penerbangan perintis ini mendapatkan subsidi dari Pemerintah Pusat melalui APBN dan hal itu sudah disetujui," kata John.

Menurut dia, tidak tertutup kemungkinan akan ada tambahan frekuensi penerbangan perintis yang didanai dari APBD Mimika, jika permintaan tiket penerbangan Aroanop-Timika maupun sebaliknya cukup tinggi.

Selain itu, Pemkab Mimika juga akan mendorong agar Lapter Anggoinggin, Aroanop juga menjadi salah satu titik, yang mendapatkan subsidi penerbangan kargo. Ini bertujuan, untuk menekan disparitas harga.

"Saat ini sudah terbit Peraturan Presiden, tentang ketentuan penerbangan kargo barang ke wilayah pedalaman Papua. Lapter Anggoinggin Aroanop ini juga diusulkan untuk mendapatkan subsidi penerbangan kargo. Sehingga nantinya masyarakat Aroanop akan menikmati harga barang seperti di Timika," jelas John.

John mengapresiasi komitmen PT Freeport dalam menyelesaikan pembangunan Lapter Anggoinggin, Aroanop, meski harus memakan waktu sekitar enam tahun sejak 2012 karena kesulitan medan geografis dan kontur tanah yang labil di lokasi itu.

"Keberadaan Lapter Anggoinggin Aroanop ini nantinya diharapkan dapat memberikan manfaat langsung maupun tidak langsung kepada masyarakat sekitar Aroanop yang mencakup beberapa kampung untuk mendapatkan kemudahan akses transportasi dengan biaya yang bisa terjangkau," ujarnya.

Selain itu, dengan akan segera beroperasinya Lapter Anggoinggin Aroanop maka diharapkan akan terjadi multiplier effect di daerah sekitar Aroanop, dimana hasil-hasil pertanian masyarakat seperti kopi, sayur-mayur dan lainnya bisa dijual langsung ke Timika dengan memanfaatkan jasa perhubungan yang tersedia.(Ant/Red)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment