Distako Diminta Aktifkan Kembali Pengawas TPS

Bagikan Bagikan


SALAM (TIMIKA) - Warga RT 17, Kelurahan Kebun Siri mengharapkan Dinas Tata Kota (Distako) Kabupaten Mimika mengaktifkan kembalipengawas tempat pembuangan sampah (TPS) yang pernah diaktifkan 2015-2016 lalu.

Salah seorang warga, Maks Burgam mengakui, jika perugas pengawas ada bisa memberikan efek jerah kepada masyarakat yang membuang sampah diatas batas waktu yang ditetapkan.

"Masyarakat sekarang buang sampah sudah tidak tepat waktu. Jadi kalau pagi-pagi petugas sudah angkut sampah, tapi jam 10 sampai soreh itu masih ada lagi masyarakat yang datang buang sampah. Coba macam tahun lalu, semua taat buang sampah pada pagi hari,"ungkap Maks kepada Salam Papua saat ditemui di kompleks Biak, Sabtu (29/7).

Menurut Maks, jika telah menempatkan pengawas, Distako juga harus menghargai jasa  mereka dengan cara rutin membayar honor sehingga bisa memberikan semangat kerja.

"Kasihan juga para petugas. Kalau sudah menjalankan tugas namun honornya tidak lancar yang jelas mereka jadi malas. Padahal mereka jalankan tugas untuk hajat hidup orang banyak,"tuturnya.

Hal yang sama juga diakui warga kompleks Buton, Hadija. Dimana ketika petugas pengawas sampah masih aktif, masyarakat selalu membuang sampah ketika malam hari sehingga saat subu, sampah-sampah sudah diangkut oleh petugas dan TPS pun bersih tanpa sampah pada sepanjang siang. Namun menurut Hadija, semenjak pengawas tidak diaktifkan, meski siang hari, TPS masih ditumpuki sampah sebab, waktu pembuangan sampah oleh masyarakat tidak teratur.

"Sekarang biar sudah siang masih saja ada yang buang sampah. Padahal kalau ada petugas jaga, tidak ada yang berani buang sampah siang hari,"ungkap Hadija.

Hadija menambakan, pemerintah harus bisa menjamin keamanan para petugas pengangkut sampah. Hal itu dikarenakan, banyak petugas pengangkut sampah yang dikejar pembuk pada saat mengangkut sampah.


"Seharusnya petugas pengangkut sampah itu dikawal oleh Satpol PP atau polisi karena mereka juga sering dikejar bahkan sampai berkelahi dengan pemabuk saat subuh,"katanya.(Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment