Ditemukan Barang Kedaluarsa di Awalin

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) - Dinas Perindutrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah toko dan supermarket, Rabu (26/7) yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pengawasan Perdagangan dan Perlindungan Konsumen, Laitam Gredenggo, didampingi sejumlah Kasie, diantaranya Suharso, Anita Jeujanan dan beberapa staf lainnya.

Sidak diawali dari Awalin SP 2, Diana Super Market, Gelael dan Timika Mall. Di Swalayan Awalin, ditemukam kerupuk dalam kemasan plastik yang sudah kedaluarsa dimana tanggal kadaluarsa makanan tersebut ditutupi dengan label baru. Ini berbahaya bagi kesehatan konsumen, apalagi jika konsumen tidak teliti dalam membeli. Temuan tersebut kemudian diambil sebagai barang bukti.

Sementara itu, pengelola dan penanggungjawab Awalin belum memberikan klarifikasi kepada Disperindag terkait dengan adanya temuan tersebut, karena sedang di luar kantor. Namun petugas menyampaikan arahan kepada sejumlah karyawan dan security yang ada di tempat, untuk mengawasi dengan baik seluruh komoditas yang dijual ke kosumen, khususnya makanan, karena konsumen sangat dirugikan  bila membeli makanan yang sudah tidak layak, sebab mengancam kesehatan.

Sementara itu, dalam Sidak yang dilakukan di Diana dan Gelael hingga Timika Mall, tidak ditemukan makanan kadaluarsa. Di Diana Super Market misalnya, petugas hanya menemukan beberapa makanan yang kemasannya sudah rusak. Kemudian ada yang masa ekspairnya akan berakhir kurang dari satu bulan lagi. Begitu juga di Gelael dan Timika Mall.

Laitam Gredenggo  kepada wartawan mengatakan sidak ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan, untuk toko-toko, super market maupun kios di Timika, yang dilakukan secara acak.

Tujuannya adalah agar para pedagang dan pengusaha lebih bertanggung jawab dengan memperhatikan mutu atau kualitas barang yang ditawarkan kepada masyarakat dan dalam rangka melaksanakan perlindungan terhadap konsumen.

“Ini diharapkan dapat membangun kesadaran di kalangan pengusaha dan pedagang agar barang yang sudah tidak layak atau sudah ekspair tidak di pajang lagi,” kata Laitam saat ditemui wartawan usai melakukan sidak di Timika Mall, Jalan Hasanudin, Rabu (26/7).

Dijelaskan, sidak akan terus dilakukan sewaktu-waktu dan tempatnya ditentukan secara acak. “Kalau kita jadwalkan nanti pengusaha menyembunyikan barang dan lainnya. Jadi nanti kita akan turun lagi tetapi waktunya kita tidak tentukan,” tambahnya.

Sidak kali kali ini  tidak hanya terkait masa kedalursa barang, tapi juga izin, BPOM dan lainnya. (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment