DPRD Akan Surati Sekda Aktifkan Setwan

Bagikan Bagikan
rapat koordinasi oleh anggota dewan
SAPA (TIMIKA) – DPRD Mimika akan menyurati Sekda Mimika agar Sekretariat DPRD (Setwan) sebagai kuasa pengguna anggaran segera diaktifkan.
   
“Kita lihat memang ada sejumlah pegawai yang hadir yakni Bagian Persidangan, tetapi lebih banyak yang tidak hadir,” kata Ketua DPRD Mimika Elminus Mom saat dijumpai wartawan usai memimpin rapat koordinasi di ruang rapat pleno lantai 3 Kantor DPRD Mimika, Jalan Cenderawasih, Selasa (4/7).

Sebelumnya sejumlah anggota DPRD Mimika, menggelar pertemuan di ruang plano Kantor DPRD Mimika, guna membahas sejumlah agenda kerja yang tertunda sejak dinonaktifkan beberapa waktu lalu. Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Mimika Elminus B Mom, SE dan didampingi oleh Wakil Ketua I DPRD Mimika Yonas Magal, dan Ketua Baleg DPRD Mimika Karel Gwijangge dan dihadiri oleh sejumlah angota dewan lainnya. 

Dalam pertemuan tersebut beberapa hal yang menjadi pokok pembicaraan, adalah bagaimana pengaktifan dewan ke depan bisa berjalan sesuai tugas dan fungsinya, yang mana salah satunya harus didukung oleh Sekretaris Dewan, berserta jajarannya selaku kuasa pengguna anggaran. Terkait dengan itu, DPRD Mimika langsung membuat surat yang ditujukan kepada Sekda selaku pimpinan tertinggi di birokrasi pemerintahan, mengenai ketidak aktifan Setwan selama ini. 

Elminus menjelaskan, selain melayangkan surat kepada Sekda Mimika, DPRD Mimika juga akan menyampaikan surat resmi kepada Sekretaris Dewan, untuk meminta yang bersangkutan bisa aktif berkantor dan bekerjasama dengan DPRD dalam membantu tugas-tugas DPRD. Kalaupun jika memang Sekwan tidak dapat hadir karena kesibukan atau ada halangan lain, maka Sekwan diminta memberikan delegasi tugas kepada bawahannya untuk bertindak atas nama Sekwan, sehingga tidak ada kendala seperti saat ini. 

“Sekarang ini kan kita sudah aktif, soal SK perbaikan oleh Gubernur kan itu hanya formalitas, jadi kami harap Setwan mau bekerjasama untuk membantu dewan, karena banyak agenda yang sudah berlalu tanpa legislatif,” tambahnya. 

Rapat tersebut juga membahas tentang tindak lanjut Gubernur Provinsi Papua mengenai Surat Mendagri tertanggal 14 Juni lalu, yang mana terhitung tujuh hari kerja sudah harus ditindaklanjuti oleh Gubernur. Untuk itu, Dewan akan mengutus perwakilan untuk menemui Gubernur terkait dengan hal tersebut sehingga tidak ada lagi kebingungan atau tanda tanya tentang keabsahan DPRD Mimika, meskipun selama ini secara defacto dan dejure dewan tetap ada. 

“Bagaimanapun kita membutuhkan tindaklanjut Gubernur soal surat dari Mendagri, dan besok itu adalah hari terakhir sesuai dengan estimasi waktu dalam surat tersebut, dan kita harap Gubernur sudah punya langkah,” kata Elminus.

Elminus  menambahkan, DPA DPRD jika memang sudah dibagikan maka dewan perlu mengetahui apa saja yang sudah dimasukkan, dan bila mungkin terjadi pergeseran-pergeseran kaitan dengan Perbup soal APBD maka menjadi bahan bagi dewan untuk pembahasan lebih lanjut.

“Kami mengajak untuk aktif melaksanakan tugas mereka, dan juga pelaksanaan kegiatan yang dicantumkan didalam DPA sehingga jelas apa yang akan dilakukan,” jelasnya (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment