Gaji 13 Tidak Masuk ke Rekening ASN

Bagikan Bagikan
Marten Papi Malisa
SAPA (TIMIKA) – Walaupun gaji 13 untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) sudah disalurkan oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Mimika beberapa waktu lalu, namun tidak masuk secara langsung ke rekening setiap ASN penerima.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Mimika, Marten Papi Malisa , SE. M. Si mengatakan, gaji 13 bagi seluruh ASN lingkup Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Mimika telah dicairkan dan disalurkan ke beberapa Satuan kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Saya telah menandatangani Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) untuk penyaluran gaji 13 ke setiap SKPD. Ini karena, penerimaan gaji 13 tidak disalurkan langsung ke masing-masing rekening ASN. Tapi melalui dinas dimana ditugaskan,”kata Malisa saat diwawancarai di Kantor Sentra Pemerintahan, Jalan Cenderawasih, SP 3, Distrik Kuala Kencana, Senin (10/7).

Menurut Malisa, pembayaran gaji 13 merupakan hak setiap ASN, yang didasari dengan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 23 tahun 2017, tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Pemberian Gaji, Pensiun, Atau Tunjangan Ketiga Belas Kepada Pegawai Negeri Sipil, Prajurit Tentara Nasional Indonesi,A, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesi.A, Pejabat Negara, Dan Penerima Pensiun Atau Tunjangan.

Pemberian ini sebagai usaha pemerintah untuk meningkatakan kesejahteraan dan meringankan biaya hidup setiap ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara dan penerima pensiun atau tunjangan.

“Gaji 13 ini diberikan untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai, sehingga bisa meningkatkan pelayanan,”terangnya.

Lanjutnya, namun dirinya tidak mengetahui secara persis mengenai mekanisme pembayarannya, karena ditangani bagian teknis. Namun didasarkan kepada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang ada.

“Saya tidak terlalu menguasai bagaimana teknis pembayarannya. Yang jelas kemungkinan ada pemotongan dan yang lainnya. Karena itu ada staf bagian teknis yang lebih menguasai mekanismenya,”ujar Malisa. (Acik) 
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment