Gaji Kepala Kampung Ditukar dengan Laporan Kampung

Bagikan ke Google Plus
Bupati Asmat, Ellisa Kambu,S.Sos sedang memberikan pengarahan Kepada Kepala Kampung
SAPA (ASMAT) — Pemerintah Kabupaten Asmat bakal membuat sebuah terobosan baru yang bertujuan menggerakkan kepala kampung agar lebih berkonsentrasi menjalankan roda pemerintahan kampung. 

Bupati Asmat, Elisa Kambu menjelaskan, terobosan dimaksud berupa penukaran gaji kepala kampung dengan laporan tertulis tentang kondisi dan perkembangan yang kampung yang dibuat oleh kepala desa.

Sebelum menerima gaji bulanan, semua kepala desa di Kabupaten Asmat diwajibkan untuk membuat laporan tertulis tentang kondisi kampung, di antaranya perkembangan penduduk, pelayanan pendidikan dan kesehatan.

“Tidak perlu diketik, tapi cukup tulis tangan saja. Ada laporan, baru gaji diberikan. Kita mau gaji itu ditukar dengan laporan kampungnya. Mereka harus bawa serta data-data laporan itu,” kata Elisa Kambu, Rabu (12/7).

Dengan membuat laporan, kepala kampung sebagai ujung tombak pemerintahan dapat menjalankan fungsi dan tugasnya secara maksimal. Laporan itu nantinya menjadi bahan evaluasi pemerintah, terutama berkaitan dengan pelayanan dan pembangunan.

“Sehingga mereka tahu pertumbuhan penduduknya, tahu apakah pelayanan berjalan atau tidak. Seperti proses belajar mengajar, pelayanan posyandu dan puskesmas. Tidak hanya mengatakan, tapi dilihat, dipantau dan ditulis,” ujarnya.

Dengan memantau perkembangan di kampung, kepala kampung turut mengontrol masuknya penduduk baru, pelayanan pendidikan dan kesehatan. “Mereka harus memberikan laporan yang valid apakah guru mengajar atau tidak, begitu pun dengan perawat atau bidan,” tuturnya.

Elisa menjelaskan, melalui terobosan itu, pemerintah kampung sebagai ujung tombak pelayanan pemerintahan dapat digerakkan. “Karena uang yang diturunkan ke kampung-kampung itu begitu besar untuk membiayai beberapa sektor dasar, seperti pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Oleh karena itu, mereka juga harus kontrol pelayanan pendidikan dan kesehatan,” ujarnya. (Nuel)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment