Generasi Muda Didorong Lestarikan Budaya Lokal

Bagikan Bagikan
SAPA (JAYAPURA)  - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mendorong generasi muda di Bumi Cenderawasih untuk melestarikan budaya lokal setempat yang mulai terkikis oleh interaksi media sosial maupun adat istiadat modern.

Kepala Bidang Teknologi Informasi Komunikasi pada Dinas Kominfo Provinsi Papua Jerry Agus Widiyanto, di Jayapura, Jumat, mengatakan untuk itu pihaknya pun menggelar sebuah pertunjukan dan hiburan rakyat yang diikuti oleh oleh sejumlah sanggar seni di wilayahnya.

"Pertunjukan dan hiburan rakyat tersebut merupakan salah satu upaya penyebarluasan informasi, di mana pemerintah ingin lebih mendekatkan diri kepada masyarakat," katanya.

Menurut Jerry, pihaknya berharap melalui pagelaran pertunjukan dan hiburan rakyat untuk meningkatkan semangat masyarakat agar lebih mencintai budaya lokal.

"Pasalnya, kini anak-anak Papua lebih senang dengan budaya dari luar Papua, sehingga kami sebagai pemerintah berkomitmen tinggi meningkatkan rasa cinta itu," ujarnya. 

Dia menjelaskan pihaknya juga ikut berkewajiban untuk menciptakan rasa cinta akan budaya lokal di atas negeri ini, di antaranya melalui kegiatan pertunjukan dan hiburan rakyat tersebut.

"Kami mengimbau sanggar seni yang ada di Papua agar terus berkreasi mewujudkan inovasi dalam bidang kesenian, guna memajukan budaya lokal Papua," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya juga berharap lembaga pendidikan seni dan budaya di Bumi Cenderawasih, agar mampu mengedukasi siswanya untuk meningkatkan mutu maupun kualitasnya, sehingga seluruh generasi muda yang ada di Papua, dapat benar-benar cinta akan budaya lokal setempat. (Ant)



Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment