Halal Bihalal Alumni SMAN I

Bagikan ke Google Plus

Alumni SMAN I Ditantang Bangun SMANSA United

Alumni SMAN I foto bersama dengan Sekda Mimika Ausilius You, mantan Kepala SMAN I, dan para guru usai Halal Bihalal
SAPA (TIMIKA) - Alumni Sekolah Menengah Atas Negeri I (SMANSA) Timika  mulai angkatan 1995 hingga 2017 ditantang, bisa bersama-sama membangun sebuah kantor atau aula khusus dalam kompleks SMANSA. Sehingga, Aula tersebut bisa dipergunakan sebagai tempat reuni akbar bagi seluruh alumni.

"Alumni dari SMA ini sangat banyak yang telah berhasil dalam dunia kerja dan bisnis. Kalau kita hitung dari 1995 itu bukan hanya ratusan saja, tapi capai ribuan. Karenanya, panitia pelaksana reuni harus bisa mengakomodir semuanya, agar ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan reuni atau Halal Bihalal," kata mantan Kepala SMANSA, Drs. Adnan Wasaraka dalam sambutannya  pada acara Halal Bihalal Keluarga besar Alumni SMANSA,  di Aula SMANSA, Sabtu (30/6).

Dia mengatakan, jika jumlah alumni SMANSA ini jumlahnya ribuan, maka dirinya mengusulkan, agar seluruh alumni bergotong royong dalam mempererat tali silaturahmi, dengan cara membangun SMANSA United. Sehingga bisa digunakan tempat pelaksanaan Halal Bihalal setiap tahunnya.

Pada Halal Bihalal yang bertemakan “Dengan Halal Bihalal Kita Tingkatkan Silaturahmi dan Mempererat Persaudaraan”,  Adnan menegaskan, dengan jumlah Alumni yang begitu banyak menjadi suatu kekuatan besar untuk menambah satu struktur organisasi baru, selain OSIS dan Komite Sekolah, yakni Alumnus SMANSA United bisa dipakai sehingga selalu dikenang sepanjang masa.

"Saya kasih tantangan, agar lahan 15 hektar ini bisa dipergunakan. Kalau kita kumpul semua, maka bisa menjadi lautan massa dalam kompleks ini. Makanya, saya rasa perlu dibangun satu struktur baru, yaitu Alumnus SMANSA United,"ujarnya.

Sedangkan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Ausilius You yang juga sebagai mantan Guru Perintis SMANSA mengatakan, sebagian besar alumni SMANSA banyak yang telah menjabat sebagai petinggi pada Pemerintahan, aparat penegak hukum, anggota DPRD, Dokter, Perawat atau jabatan lainnya.

Diakui You, regenerasi sangat penting untuk terus dibentuk dan dipertahankan agar tali silaturahmi terus terjalin. Selain itu, dengan adanya sebagian yang mempunyai jabatan harus saling memperhatikan lainnya. Karena sejak bersama-sama meniti pendidikan, hingga akhirpun sudah menjadi saudara.

"Sejak menjadi guru perintis di sekolah ini, keakraban antara siswa dan guru sangat luar biasa. Dan Halal Bihalal ini momen langka, meski sudah tamat, maka harus kembali bersatu dalam acara halal bihalal keluarga besar SMAN I,"tutur You.

Kata You, kegiatan reuni ini sangat penting dalam menjawab tantangan kemajuan era globalisasi. Karena sebagai wadah para alumni untuk bercerita, bertukar pikiran, berbagi pengalaman dalam merintis kehidupan menyambut dan membangun Mimika. Sehingga, setiap alumni yang sudah mendapatkan jabatan atau telah berhasil, harus bisa memperhatikan sesama alumni lain.

"Kalau sudah berhasil, harus bisa mengajarkan atau berbagi ilmu atau pun membantu sesama supaya regenerasi keberhasilan selalu ada,"ungkap You.
Sedangkan Wakil Ketua Panitia yang juga Alumni SMANSA, Junaidi mengatakan, perencanaan Halal Bihalal ini dilaksanakan dalam waktu yang singkat. Akan tetapi, pihaknya merasa bersyukur para alumni bisa menghadirinya dengan antusias. 

"Kita bersyukur, karena meski kegiatan kali ini sangat singkat, tapi sudah dihadiri oleh ratusan alumni. Ini berarti, semangat para alumni sangat luar biasa. Dan usai Halal Bihalal akan dilanjutkan dengan rapat pembentukan panitia pelaksanaan reuni akbar,"ungkapnya.

Menyangkut pembangunan SMANSA United, kata dia, hal tersebut akan menjadikan poin penting dalam pembahasan perencanaan pelaksanaan reuni akbar. Kalau seluruh alumni sepakat untuk menjadikan reuni sebagai agenda tahunan, maka sudah pasti harus ada aula khusus untuk menampung pertemuan seluruh alumni tersebut.

"Mudah-mudahan semua itu terwujud, agar reuni alumni dari setiap angkatan bisa terlaksana,”ujarnya. 

Salah seorang Alumni angkatan 1997, Irmayanti mengakui, dirinya sangat senang dengan Halal Bihalal yang dikhususkan bagi para alumni. Ini sebuah momen untuk mempertemukan semua teman yang sudah sejak lama tidak bertemu. Karenanya, dirinya akan berusaha mengajak seluruh alumni agar bisa berpartisipasi. Sehingga pelaksanaan reuni akbar bisa dilaksanakan.

"Jujur saya senang sekali. Kalau selama ini kita cuman bisa saling kabar-kabari melalui medsos, maka dengan adanya Halal Bihalal maka kita bisa saling bertemu dan saling bercerita saat-saat masih sekolah,"ujarnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment