Hati-hati Berkendara Saat Musim Hujan

Bagikan Bagikan
TIMIKA (SAPA) - Kapolres Mimika AKBP Victor Dean Mackbon, SH., SIK., MH., M.Si  mengimbau kepada pengguna jalan khususnya pengendara, agar berhati-hati saat berlalulintas di jalanan saat musim hujan. Hal ini diingatkan kapolres untuk mencegah terjadinya kecelakaan saat musim hujan.

“Kami minta masyarakat berhati-hati ketika berkendara di musim hujan. Jangan ngebut dan selalu perhatikan situasi arus lalu lintas. Sebab, saat hujan jalan raya jadi licin, sehingga rawan terjadinya kecelakaan,” kata Kapolres saat dijumpai di Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Timika, Sabtu (22/7).

Sejumlah ruas jalan yang harus menjadi perhatian pengendara karena dianggap kurang baik, disebutkan kapolres seperti Jalan Cenderawasih tepatnya disekitar KFC, dan perempatan Jalan Hasanuddin-Budi Utomo. Kondisi kedua jalan yang disebutkan dianggap dapat memicu terjadinya kecelakaan dalam berlalulintas.

“Saat ini musim hujan, untuk itu kita imbau agar pengendara jangan sampai balap di jalan. Salah satu contoh pada hari Jumat (21/7) terjadi kecelakaan, dimana tiga mobil terbalik saat di jalan. Hal ini dipicu akibat jalanan yang licin,” kata kapolres.

Alangkah baiknya, menurut kapolres, pengendara dapat menunggu hingga hujan reda dan melanjutkan perjalanan. Sebab, berkendara dalam situasi hujan membuat penglihatan menjadi terbatas, sehingga tidak leluasa dalam berkendara. Apalagi jika tidak menggunakan helm saat berkendara.

Kalaupun tetap berkendara, diharapkan masyarakat untuk memakai kelengkapan pengamanan berkendara seperti helm yang berstandar nasional atau SNI.

“Bagi orang tua agar memperhatikan anaknya, jangan sampai anak dibawah umur dibebaskan membawa kendaraan, hal ini menyebabkan tingkat resiko kecelakaan sangat tinggi,” imbau kapolres. (Markus Rahalus).


Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment