Jelang HUT RI ke 72 Pemkab Akan Baksos Bangun Gereja St Aloysius

Bagikan Bagikan



SAPA (TIMIKA) – Dalam rangka merangkaikan acara peringatan HUT RI ke 72, 17 Agustus mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika akan melakukan bakti sosial (Baksos) untuk membantu membangun kembali gedung Gereja St Aloysius, SP 5, Keluarahan Limau Asri, Distrik Iwaka yang mengalami musibah kebakaran beberapa bulan lalu.
Asisten I Bidang Pemerintahan, Setda Mimika selaku ketua I panitia pelaksanaan HUT RI, Deminus Katiop saat diwawancarai usai menggelar rapat persiapan bersama seluruh seksi acara di ruang pertemuan, lantai III, Gedung A, Kantor Sentra Pemerintahan, Selasa (18/7) mengatakan, bakti sosial membangun gereja St Aloysius tersebut dilakukan untuk mengangkat harkakat dan martabat umat katolik di Iwaka.
“Untuk sementara agenda Baksos itu masih dalam bentuk rancangan. Tapi nanti itu jadi salah satu agenda utama jelang HUT RI, karena ini menyangkut rumah Ibada. Nanti akan dibicarakan lebih lanjtu bersama Bupati,”tutu Deminus.
Dijelaskan, meski secara lisan pihaknya telah menyampaiakan persoalan kebakaran gereja tersebut kepada Bupati, namun pelaksanaan baksos akan tetap dibahas ulang  sehingga bisa mengakomodir secara menyeluruh terkait keterlibatan mitra pemerintah seperti Polri dan TNI serta mitra lainnya agar ikut terlibat dalam baksos tersebut.
Kata Deminus, Bupati mengharapkan agar panitia HUT RI melakukan pendekatan kepada pihak Gereje serta melibatkan semua pemangku jabatan agar baksos tersebut bisa dilaksanakan dengan baik. Kata Deminus, untuk bansos secara umum bagi masyarakat sementara waktu telah ditiadakan sebab, ketersediaan anggaran sangat tidak memungkinkan, akan tetapi untuk hiba pembangunan Gereja yang diakibatkan oleh bencana kebakaran akan tetap dilaksanakan dan dirangkaikan menjelang HUT RI.
“Kemarin Bupati sudah tegaskan bahwa untuk tahun ini Bansos masyarakat ditiadakan. Tapi karena ini untuk tempat ibadah, maka harus disalurkan bantuan agar masyarakat bisa punyai tempat untuk beribada,”tuturnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment