Jumlah Pencaker Mencapai 3.900 Orang

Bagikan Bagikan
Antrian pengurus Kartu Kuning
SAPA (TIMIKA) - Jumlah pencari kerja (pencaker) di Kabupaten Mimika hingga akhir Juni 2017 mencapai  3.900 orang. Setiap hari kerja  sedikitnya 50 orang  mengurus kartu kuning ke Dinas Ketenagakerjaan, transmigrasi dan Perumahan Rakyat (Disnakertrans PR) Mimika.

Kepala Bidang Penempatan dan Pelatian Tenaga Kerja pada Disnakertrans PR Mimika, , Jehuda B.B  Akobiarek, SH.,MH. saat diwawancarai di ruang kerjanya, Kamis (6/7) mengatakan, semua  pengurus kartu kuning  rata-rata bertujuan untuk melamar pekerjaan pada beberapa perusahaan di daerah ini.

"Yang direkab hingga akhir Juni itu 3.900 pengurus kartu kuning. Sementara untuk bulan Juli belum bisa kami jumlahkan karena direkab akhir bulan," kata Jehuda.

Menurut Jehuda, yang harus dilakukan setiap perusahaan penerima calon karyawan adalah harus melaporkan ke Disnakertrans berapa jumlah atau kuota penerimaan agar Disnakertrans bisa melakukan pengawasan sehingga semua pelamar mendapatkan kepastian lolos atau tidak terdaftar  sebagai pekerja.

Jehuda mengatakan, ada perusahaan yang mengumumkan penerimaan karyawan di Disnakertrans namun ternyata itu hanya sebagai formalitas, karena perusahaan tersebut kemudian menerima calon pekerja dari luar Mimika. Kondisi seperti ini yang harus diawasi Disnakertrans agar tidak terjadi.

Sementara Kabid Pengawasan, Disnakertrans PR, Ayub Howai saat dikonfirmasi di ruang kerjanya mengatakan, dirinya belum bisa memberikan keterangan terkait mekanisme pengawasan karena harus mempelajari agenda atau mendapatkan laporan dari pejabat lama.

"Saya baru beberapa hari ditempatkan di bagian pengawasan ini, jadi saya tidak terlalu mengetahui sistem pengawasan yang selama ini telah dilakukan. Yang pasti soal pengawasan ini akan kami lakukan ke depannya," kata Ayub. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment