Kantor Perpustakaan Akan Menggelar Workshop Cerita Rakyat

Bagikan Bagikan
SAPA (TIMIKA) – Guna meningkatkan kualitas cerita rakyat, Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Mimika dalam menjalankan programnya itu, akan menggelar workshop dengan menghadirkan narasumber ahli di bidang dongeng dan teater, Kundiri dan Iman Soleh.

Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Mimika, Jacob Toisutta saat ditemui Salam Papua mengatakan, salah satu program yang akan dilaksanakan adalah, menggelar lomba cerita rakyat. Namun, sebelum pelaksanaan perlombaan, akan digelar workshop dengan mendatangkan dua narasumber, yakni, maestro pendongeng nasional Kundiri, yang ahli dalam bidang cerita rakyat dan seniman teater pendiri Celah-Celah Langit (CCL), Iman Soleh.

“Kundiri ini sangat handal dalam memainkan dongeng yang menggunakan boneka tangan. Sementara Iman Soleh, ini lebih kepada seni teater. Dengan mengundang dua narasumber ini, diharapkan budaya atau cerita Papua tidak tenggelam,” kata Toisutta, baru-baru ini.

Menggelar workshop dengan mendatangkan dua narasumber ternama, kata Toisutta, diinginkan agar bisa memberikan pemahaman kepada guru dan siswa SD di Mimika. Sebab, setelahnya Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah akan melakukan perlombaan cerita rakyat tingkat siswa dan guru.

Lomba ceita rakyat tingkat tingkat guru, diharapkan kedepannya bisa menjadi aset daerah agar setiap ada kegiatan perpustakaan atau lainnya yang berhubungan dengan anak-anak, pihaknya telah memiliki pendongeng. Karenanya akan digelar workshop dan dilanjutkan dengan perlombaan cerita rakyat.


“Pelaksanaan workshop akan dilaksanakan pada 4 Agustus 2017. Dimana akan mendatangkan dua narasumber. Dengan mengundang dua nara sumber ini, maka akan menggabungkan dua kemampuan yang nantinya bisa diberikan kepada siswa dan guru,”ungkapnya. (Uji)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment