Kapolda dan Manajemen PTFI Bahas Masalah Ketenagakerjaan

Bagikan ke Google Plus
Karikatur
SAPA (TIMIKA) – Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar, pada kunjungan kerjanya ke Tembagapura pada Rabu (28/6) lalu, telah bertemu dengan Manajemen PT Freeport Indonesia (PTFI). Dalam pertemuan tersebut membahas, persoalan ketenagakerjaan di lingkungan PTFI.

"Tidak ada pertemuan khusus. Kami hanya bahas kondisi-kondisi terkini. Dan membahas soal penyelesaian terkait isu-isu ketenagakerjaan yang tentunya kita serahkan melalui mekanisme yang sudah diatur dalam aturan ketenagakerjaan," ungkap Kapolda kepada wartawan, Jumat (30/6).

Menurutnya, peran Kepolisian hanya mendorong semua pihak, untuk mencari jalan penyelesaian melalui ketentuan hukum yang ada. Serta mengimbau semua pihak untuk tidak melakukan perbuatan melanggar hukum.

"Itu kan sudah diatur dengan adanya peran tripartit. Ini sebenarnya yang kita dorong agar berfungsi," kata Kapolda.

Dari sisi pihak kepolisian sebagai aparat penegak hukum, jelas Kapolda, langkah apapun yang diambil semu pihak harus tetap dalam koridor hukum. Ia berharap masyarakat dan semua pihak yang terlibat tidak terprovokasi apalagi melakukan tindakan anarkis.

"Langkah langkah penyelesaian yang bermartabat. Itu yang kita dorong,"katanya.

Selain itu, kata Kapolda, pihaknya tetap memonitor agenda pertemuan mediasi oleh DPR Provinsi (DPRP) Papua, untuk memfasilitasi mencari solusi penyelesaian masalah ketenagakerjaan di lingkungan PT Freeport Indonesia. Dimana DPRP Papua kembali mengagendakan pertemuan mediasi antara pihak Manajemen PT FI dengan serikat pekerja, dalam hal ini Tim PC SPKEP SPSI Mimika pada 10 Juli mendatang.

"Nanti kita lihat saja seperti apa ya. Saya dengar dari manajemen juga sudah mendapatkan informasi itu. Jadi kita ikuti saja," kata Kapolda.


"Dan yang terpenting, koridornya hukum dan damai. Itu yang harus kita jaga, tidak boleh ada pertemuan yang disertai tindakan anarkis, menganggap diri paling benar. Semuanya harus sama-sama dalam koridor hukum," ujar Kapolda. (Markus Rahalus)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment