Keamanan di Poumako Sulit Diproteksi

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) - Kemanan di pintu masuk pelabuhan Poumako hingga saat ini tidak dapat diproteksi dengan baik.  Meskipun ada koordinasi antara TNI Angkatan Laut yang ada di Muara, KP3 Laut dan Syahbandar pelabuhan, namun belum mampu mengawasi dengan baik, arus masuk dan keluar penumpang.

Kepala Unit Penyelenggara Pelabunan (UPP) Kelas III Poumako, Obaja Yarangga, SSos, kepada wartawan di Hotel Harison Ultima, Kamis (20/7) mengatakan, sulitnya melakukan pengawasan ketat di pelabuhan Poumako, dikarenakan pintu masuk pelabuhan yang terbuka dan membuat orang dengan mudah ke luar masuk. Bahkan sampai di areal bongkar muat, ada yang berwisata mancing di areal pelabuhan.

Dijelaskan, siatuasi yang tidak mendukung, minimnya infrastruktur, menyebabkan Pelabuhan Poumako, tidak memungkinkan untuk semua kapal berlabuh di satu tempat. Itulah sebabnya saat ini masih banyak pelabuhan-pelabuhan ilegal yang tersebar di beberapa titik di sekitar wilayah Poumako.
“Kita belum satu pintu, jadi kalau mungkin ada barang-barang ilegal yang masuk, baik itu minuman keras, narkotika dan lainnya, mungkin saja dilakukan di pelabuhan yang tidak resmi dan sebagainya,” katanya.

Dikatakan, semua orang bisa melihat kondisi pelabuhan saat ini yang terbuka, membuat masyarakat yang bukan penumpangpun ke luar masuk. “Itu kan tidak dipagar, jadi bisa dibayangkan, bagaiman orang keluar masuk,” katanya.

Ditambahkan, jika ingin agar pelayanan kepada masyarakat maksimal dan keamanan bisa lebih ketat, maka perlu pengembangan pelabuhan lebih baik lagi. (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment