Kebersihan Laut Pelabuhan Sorong Harus Dijaga

Bagikan Bagikan

SAPA (SORONG) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Sorong, Provinsi Papua Barat, mengajak semua pihak menjaga kebersihan perairan pelabuhan yang merupakan tempat persinggahan wisatawan Raja Ampat.


Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Jhony Runggu di Sorong, Sabtu (22/7), mengatakan Kota Sorong adalah daerah transit menuju destinasi wisata Kepulauan Raja Ampat sehingga laut, khususnya perairan pelabuhan, harus bersih bebas dari sampah.

"Apa kata wisatawan nanti, terutama wisatawan asing apabila perairan kawasan Pelabuhan Kota Sorong kotor dengan sampah plastik," ujarnya.

Karena itu, kata dia, harus ada kerja sama dan komitmen bersama seluruh instansi maupun masyarakat di kawasan Pelabuhan dengank tidak membuang sampah ke laut.

Terutama sampah plastik karena akan mencemari laut dan berdampak buruk pada kehidupan ekosistem bawah laut di kawasan perairan Pelabuhan Kota Sorong.

Dia memberikan apresiasi kepada Stasiun Pengisian BBM Pertamina Sorong yang yang bersebelahan dengan pelabuhan utama Kota Sorong karena selalu melakukan kegiatan penanggulangan tumpahan minyak di perairan.

"Kami berharap tidak hanya Pertamina tetapi seluruh instansi yang beroperasi di kawasan pelabuhan komitmen terhadap kebersihan laut setempat," ungkapnya.

Raja Ampat adalah kabupaten di Papua Barat dengan wilayah kepulauan. Empat pulau besar di kabupaten itu adalah Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment