Kejaksaan Lakukan Pemeriksaan IVA Gratis

Bagikan Bagikan

SAPA (TIMIKA) – Kejaksaan Negeri (Kejari) Timika, Kamis (20/7) menggelar aksi sosial yaitu, pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) secara gratis di tiga Puskesmas dan anjangsana ke dua panti asuhan. Kegiatan ini bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika.

Kegiatan pemeriksaan IVA secara gratis berlangsung di tiga Puskesmas yaitu, Puskesmas Timika di Kwamki Baru, Puskesmas Pasar Sentral dan Puskesmas Timika Jaya SP 2. Masing-masing Puskesmas hanya menerima 50 orang saja untuk diperiksa. Jika memenuhi jumlah yang ditetapkan panitia, maka ada 150 perempuan yang telah melakukan pemeriksaan IVA.

Kepala Kejari Timika, Alex Sumarna,SH.,MH kepada wartawan di Puskesmas Pasar Sentral, Kamis (20/7) mengatakan, rangkaian kegiatan ini dalam rangka memperingati hari Bhakti Adhyaksa ke-57 dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini ke-17 tahun 2017.

“Untuk pemeriksaan IVA dilakukan secara serentak, tidak saja di Kabupaten Mimika tetapi di seluruh Indonesia. Selain memperingati hari Bhakti Adhyaksa, ada juga ulang tahun Ikatan Adhyaksa Dharmakarini yaitu organisasi istri-istri pegawai Kejari,” ungkap Alex.

Lanjut Alex, kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk bakti social kepada masyarakat. Pemeriksaan IVA dilakukan agar bisa mendeteksi sejak dini kanker leher rahim pada wanita. Sehingga kegiatan ini sangat bermanfaat untuk kaum ibu-ibu.

"Pemeriksaan IVA dilakukan agar ibu-ibu mengetahui penyakit tersebut, sehingga dilakukan pencegahan sejak dini,” tambah Alex.

Alex menambahkan, animo masyarakat untuk melakukan pemeriksaan IVA sangat tinggi. Hal ini terbukti dengan banyaknya jumlah pasien yang melakukan pemeriksaan, tetapi harus dibatasi karena hanya menerima 50 pasien per Puskesmanya.

Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Mimika, Ny Alex Sumarna menambahkan, pada prinsipnya kegiatan ini sangat bagus dan tentunya berguna.


“Kami dan masyarakat merasa senang dengan kegiatan ini, karena menyentuh langsung masyarakat, khususnya kaum ibu,” ungkapnya.  (Markus Rahalus)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment