Kelompok Karismatik Katolik Gelar Konvenda di Agats

Bagikan ke Google Plus

SAPA (ASMAT) — Kelompok Persekutuan Doa Karismatik Katolik (PDKK) dari lima Keuskupan di Papua dan Papua Barat mengikuti Konvensi Daerah V Regio Papua Pembaharuan Karismatik Katolik di Agats sejak Kamis-Sabtu (15/7).

Konveda persekutuan doa karismatik Katolik dihadiri Uskup Agats Mgr. Aloysius Murwito OFM, Uskup Malang Mgr. Widyarto O.Carm, Uskup Timika Mgr. John Philip Saklil Pr, Uskup Jayapura Mgr. Leo Laba Ladjar OFM, dan Bupati Asmat, Elisa Kambu. 

Sebelum konvenda, Uskup Agats Mgr. Aloysius Murwito OFM memimpin misa di Gereja Kristus Mbait yang diikuti oleh sekitar 500 lebih umat dari Keuskupan Timika, Jayapura, Merauke, Sorong dan Agats.

“Konvenda gerakan karismatik Katolik dilaksanakan tiga tahun sekali. Tahun ini Keuskupan Agats sebagai tuan rumah. Uskup-uskup yang hadir diminta untuk memberikan masukkan dan materi bagi kelompok karismatik,” kata Mgr. Aloysius Murwito OFM, Sabtu (15/7).

Uskup Murwito menjelaskan, kelompok karismatik adalah sebuah kelompok di dalam gereja Katolik yang memberikan perhatian dan mengungkapkan iman kepercayaan lebih terarah pada karya Roh Kudus.

“Roh Kudus memainkan peranan yang penting dalam kehidupan gereja. Kehidupan menggereja itu bukan semata-mata kekuatan insani, tapi karya Allah. Gereja tidak bisa berperan sendiri, karena itu dibutuhkan peran kelompok doa karismatik dalam pelayanan rohani,” katanya.

Dalam konvenda tersebut, agenda yang dibahas antara lain terkait aspek-aspek hidup Kristiani, pembaharuan hidup dan membangun persekutuan karismatik Katolik sesuai ajaran gereja. Hal lain yang dibahas adalah terkait militansi Katolik.

“Persekutuan ini bukan semacam lembaga insani belaka, tapi harus dijiwai oleh semangat Roh Kudus. Kelompok ini terdiri dari orang-orang terpilih yang mengabarkan suka cita Tuhan, mereka bekerja dalam Roh Kudus,” ujarnya. 

Sesuai hasil keputusan Konvensi Daerah V Regio Papua Pembaharuan Karismatik Katolik di Agats, konvenda tiga tahun berikutnya akan dilaksanakan di Jayapura. (Nuel)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment