KLM Sumber Hidup Hangus Terbakar di Agats - Asmat

Bagikan Bagikan
Istimewa - Petugas bersama masyarakat membantu padamkan kobaran api di KLM Sumber Hidup
SAPA (TIMIKA) – KLM Sumber Hidup salah satu kapal dari Surabaya, Jawa Tmur mengalami kebakaran dan di alur sungai pelabuhan Agats, Kabupaten Asmat, Jumat (7/7) subuh. Kebakaran ini diduga akibat korsleting yang terjadi diruang mesin listrik kapal nahas tersebut. Nakhoda beserta sembilan anak buah kapal (ABK) KLM Sumber Hidup berhasil menyelamatkan diri dari musibah kebakaran ini.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Salam Papua menjelaskan, KLM Sumber Hidup pada Jumat subuh sekitar pukul 04.00 WIT mengalami korsleting diruang mesin listrik. Peristiwa ini pertama kali diketahui oleh nakhoda kapal, La Husein. Dari kortsleting tersebut menyebabkan seluruh badan dan isi kapal akhirnya hangus terbakar.

Dari data yang diperoleh menerangkan bahwa nakhoda kapal, La Husein, subuh itu tiba-tiba terbangun kemudian melihat asap dari ruang mesin bagian bawah. La Husein melakukan pengecekan dan ternyata mesin listrik sudah terbakar. La Husein kemudian berusaha memadamkan api APAR CO2 tetapi api tak kunjung padam. Ia kemudian membangunkan seluruh ABK dan berupaya memadamkan api.

Satu alat pompa air atau yang biasa disebut Alkon coba digunakan, namun sayangnya alat tersebut mengalami trouble atau bermasalah sehingga tidak bisa dihidupkan. Api yang semakin membesar dan membakar ruang mesin memaksa nakhoda dan ABK akhirnya meninggalkan kapal menggunakan perahu sampan untuk meminta bantuan di darat.

Kapal tidak dapat diselamatkan dari kobaran api yang semakin membesar menghanguskan seluruh badan dan isi kapal. Kapal kemudian perlahan hanyut terbawa arus masuk dan kandas pada tepian alur sungai pelabuhan Agats.   

Diperkirakan sekitar pukul 06.00 WIT barulah datang bantuan dari pihak Syahbandar, anggota Pos TNI-AL, anggota Polres Asmat beserta masyarakat dengan membawa empat pompa air dan melanjutkan proses pemadaman. 

Upaya pemadaman yang dilakukan berbagai pihak tersebut akhirnya berhasil memadamkan api sekitar pukul 09.00 WIT. Setelah api berhasil dipadamkan, kondisi kapal terlihat ludes dimakan api.

Diketahui kapal ini berkekuatan 66 GT dengan pemiliknya bernama H Kamaruddin. Kapal ini memuat barang campuran berupa barang kelontongan, barang pecah belah dan barang elektronik dari Surabaya untuk diperdagangkan di Agats. 

Peristiwa kebakaran KLM Sumber Hidup kini tengah ditangani pihak terkait bersama jajaran Polres Asmat. (Red)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment