Kominda Asmat Pantau Sitkamtibmas di Distrik

Bagikan Bagikan
SAPA (ASMAT) — Forum Komunikasi Intelejen Daerah (Kominda) Kabupaten Asmat akan melakukan pemantauan terhadap situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Sitkamtibmas) di distrik-distrik di kabupaten tersebut.

Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Asmat, Maxmillian A.X. Apituley mengatakan, pihaknya bersama Kominda telah melaksanakan pertemuan terkait rencana pemantauan sitkamtibmas di sejumlah distrik.

“Sesuai dengan peraturan Kemendagri maupun PP tentang koordinasi badan intelejen negara, Kominda itu terdiri dari unsur pemerintah daerah, BIN, Polri dan TNI. Di sini kami libatkan semua, sehingga tugas Kominda betul-betul maksimal,” kata Max, Senin (24/7).

Ia menjelaskan, pemantauan ke sejumlah distrik dilaksanakan selama dua kali dalam tahun 2017. Pertama di akhir bulan Juli ini, dan kedua pada bulan November mendatang. Semua satuan intelejen melakukan pemantauan selama dua hari.

Pemantauan terbagi dalam tiga wilayah dan melibatkan sedikitnya 20 anggota Kominda di Asmat. Di setiap wilayah akan ada koordinator.

“Segala lini yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat itu bisa terpantau dengan baik, dan itu nantinya merupakan informasi yang berguna bagi pemda dalam pengambilan keputusan maupun kebijakan yang pada akhirnya bermuara juga pada masyarakat,” ujarnya.

Anggota Kominda diharapkan tidak hanya terfokus pada kamtibmas. Tetapi juga menggali informasi yang valid terkait pembangunan, pendidikan, kesehatan dan aspek-aspek lain. “Misalnya terkait pendidikan, apakah guru-guru melaksanakan tugas dengan baik. Begitu pun dengan kesehatan,” tuturnya.

Meski begitu, katanya, tugas utama Kominda erat kaitannya dengan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat. Dengan sitkamtibmas yang kondusif, kegiatan pembangunan dapat berjalan dengan aman dan lancar. Sehingga diharapkan, masyarakat lebih berperan menjaga kamtibmas.

“Ke depannya, kami upayakan agar pemantauan ke lapangan itu minimal per triwulan. Sehingga suatu masalah itu secara periodik dapat dipantau, lalu diberikan solusi atau pemecahan serta tindak lanjutnya,” kata dia.

Max menambahkan, pihaknya juga akan membuka sekretariat Kominda di Kantor Kesbangpol Asmat. Ruangan dimaksud untuk memudahkan koordinasi anggota Kominda dalam pelaksanaan tugas-tugas intelejen daerah.


“Hanya peralatannya, seperti radio orari, komputer, jaringan internet dan perlengkapan lainnya itu belum terisi. Kami akan perjuangkan di ABT nanti,” katanya. (Nuel)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment