Lanud Manuhua Biak Segera Naik Tipe A

Bagikan Bagikan



SAPA (BIAK) - Markas Komando Pangkalan TNI Angkatan Udara Manuhua Kabupaten Biak Numfor, Papua segera naik status dari tipe B menjadi tipe A dengan jabatan komandan dipegang perwira tinggi berpangkat Marsekal Pertama.

Komandan Lanud Manuhua Biak Kolonel Pnb Marsudiranto Widiatmaka di Biak, Kamis (20/7), mengakui peraturan tentang perubahan status Lanud Manuhua Biak naik menjadi tipe A sudah keluar dari Panglima TNI pada Maret dan Peraturan KSAU per April 2017.

"Saat ini jajaran Lanud Manuhua masih menunggu adanya peresmian dari Mabes TNI untuk perubahan peningkatan status Lanud Manuhua Biak menjadi tipe A," ungkap Marsudiranto menanggapi perubahan status Lanud Biak itu.

Ia mengakui dengan adanya peningkatan tipe A Lanud Biak maka ke depan akan ada penambahan skuadron pesawat tempur, pertahanan udara anti-rudal serta satuan lain penunjang operasional peningkatan status Lanud Biak.

Ditanya mengenai fasilitas pendukung untuk peningkatan Lanud Biak, menurut Marsudiranto, untuk saat ini sudah disiapkan meski tetap menggunakan fasilitas yang ada dimiliki Mako Lanud Manuhua.

Marsudiranto mengatakan untuk kebutuhan personel TNI AU dengan perubahan status tipe A akan berpengaruh juga dengan penambahan prajurit untuk mendukung satuan penunjang Lanud Manuhua.

"Adanya perubahan peningkatan tipe Lanud Biak ke tipe A karena merupakan kebutuhan ke depan TNI AU dalam upaya mengamankan wilayah udara Negara Kesatuan Republik Indonesia khususnya wilayah Papua dan Papua Barat," tegas Marsudiranto.

Berdasarkan data, operasional Lanud Manuhua Biak meliputi wilayah kerja Provinsi Papua di antaranya Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Jayawijaya serta Kabupaten Manokwari dan Kota Sorong, serta Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment