Masyarakat Diminta Tidak Membuang Sampah di Sungai

Bagikan ke Google Plus
Robert Mayaut
SAPA (TIMIKA) – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Mimika, Robert Mayaut mengatakan, beberapa hari terakhir ini hujan deras yang mengguyur Kota Timika dan sekitarnya, membuat beberapa sejumlah wilayah tergenang air. Kondisi ini maka perlu disikapi bersama, antara pemerintah dengan masyarakat. Sehingga terjadi sinkronisasi dalam menangani masalah banjir di daerah ini.

“Percuma jika Pemerintah terus melakukan pengerukan sungai, jika masyarakat tidak menjaga kebersihan selokan air di wilayah pemukiman,”kata Kadis PU Robert Mayaut saat ditemui Salam Papua di Kantor DPU,Selasa (11/7).

Kata dia, dalam mengatasi banjir yang terjadi, tidak harus melakukan pengerukan sungai atau kali. Namun juga menjadi perhatian sendiri dari masyarakat. Apakah kompleks mereka bersih dan tertata rapi atau tidak?. 

“Coba lihat saja selokan-selokan yang ada, itu tidak bersih dan menyumbat jalannya air,"kata Robert.

Kata dia, perhatian-perhatian dari masyarakat ini sangat penting. Apalagi berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Mimika yang memastikan, bahwa intensitas curah hujan akan tinggi hingga akhir Agustus. Olehnya, masyarakat harus bisa membersihkan selokan air, agar aliran air bisa lancar dan tidak menggenang hingga masuk ke dalam rumah.

Selain itu kata Robert, masyarakat Mimika seharusnya bisa mensiasati, apabila akan membangun rumah, maka masyarakat harus meninggikan pondasi dan menyiapkan saluran pembuangan dengan rapi. Selanjutnya tidak membuang sampah ke dalam selokan.

“Sekarang di setiap selokan itu, penuh sampah plastik, besi, dan sampah rumah tangga yang lain. Nah kalau banjir, maka apakah mau salahkan pemerintah terus,”ujarnya.

Ia menambahkan, walaupun demikian pihaknya telah mengagendakan pembuatan drainase di seluruh titik di Timika. Akan tetapi hal tersebut tentunya sangat membutuhkan bantuan dari semua masyarakat, agar tidak membuang sampah di sembarang tempat, khususnya selokan air.

“Kami akan bangun drainase di semua tempat. Tapi kalau sudah dibangun, terus masyarakat buang sampah tidak beraturan, dan terjadi luapan mau salahkan siapa?. Karenanya, mari kita sama-sama bersinergi, untuk menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah di selokan-selokan?,”tuturnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment