Masyarakat Diminta Waspada Kejahatan Jalanan

Bagikan Bagikan
SAPA (TIMIKA) - Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Mathius Uwe Yanengga, mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Mimika agar berhati-hati dalam melakukan aktifitas dijalan. Belakangan marak kasus kejahatan dijalanan, terutama penjambretan.

“Waspada dan berhati-hati, karena Mimika ini semakin maju, maka angka kriminalitas juga semakin meningkat. Harus selalu waspada dan berhati-hati terutama kaum wanita yang membawa tas, HP atau memakai perhiasan. Karena itu mengundang kejahatan,” imbau Yanengga, saat ditemui wartawan di kantor DPRD Mimika, Jalan Cenderawasih, Rabu (26/7).

Majunya perkembangan kota yang dibarengi dengan keadaan perekonomian daerah, sudah tentu diikuti naiknya angka kejahatan. Menurutnya, masyarakat tidak boleh lengah terhadap keadaan ini, sebab kejahatan timbul karena adanya faktor kelengahan. Masyarakat tidak sadar apa yang dilakukan mengundang kejahatan.

"Boleh saja kita memakai perhiasan, tetapi apabila ditempat umum jangan terlalu mencolok. Kita harus memahami keadaan perekonomian daerah ini, kacau karena tidak becusnya kinerja pemerintah daerah. Belum PHK karyawan secara besar-besaran, yang membuat angka pengangguran bertambah, otomatis tingkat kejahatan juga bertambah,” terangnya.

Selain mengimbau masyarakat untuk waspada, Ia juga meminta kepada pihak keamanan dalam hal ini Kepolisian, agar bertindak tegas terhadap maraknya kejahatan dijalanan. Menurutnya, kejahatan juga terjadi dan pelakunya semakin berani karena kurangnya ketegasan kepolisian dalam memberikan hukuman yang bisa menimbulkan efek jera.


"Itu juga tugas kepolisian, apalagi kejahatan jambret tersebut ada kelompoknya. Maka dari itu polisi harus bisa mengungkap sampai ke akarnya, dan memberikan hukuman setimpal. Jadi antara masyarakat dan kepolisian harus saling bekerja sama, kerena tidak bisa hanya mengandalkan polisi saja," tuturnya. (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment