Nam Air Buka Rute Biak-Nabire

Bagikan Bagikan



SAPA (BIAK) - Nam Air membuka rute penerbangan baru Biak-Nabire menggunakan pesawat ATR 72-600 Turboprop berkapasitas 72 orang dalam upaya meningkatkan konektivitas sejumlah kota di Papua melalui udara.

"Pemerintah saat ini sedang gencar membangun Papua dan kami ingin berpartisipasi untuk ikut membangun yang antara lain melalui pembukaan rute baru penerbangan," kata Direktur Komersial Sriwijaya Grup Toto Nursatyo kepada pers  usai membuka rute baru di Biak, Papua, Kamis (20/7).

Dikatakan, rute tersebut dinilai sangat penting dan strategis mengingat untuk menghubungkan dua kota tersebut selama ini memerlukan biaya yang mahal dan sulit sehingga jika menggunakan pesawat akan lebih mudah dan efisien waktu serta biaya.

Selain itu, katanya, penumpang di dua kota itu yang akan melanjutkan bepergian ke Pulau Sulawesi atau Pulau Jawa tidak harus lagi menginap karena sudah ada penerbangan lanjutan menuju kota-kota di Sulawesi dan Jawa.

"Seperti kita ketahui bahwa harga tiket pesawat di Papua sangat mahal. Maka dengan adanya penerbangan ini biaya bisa lebih murah karena ada pilihan yang lain," katanya.

Toto mengatakan, pihaknya memang serius untuk membangun konektivitas udara di Papua mengingat kondisi geografisnya yang sulit jika menggunakan jalur darat.

Mulai 20 Juli 2017 Nam Air, yang merupakan anak perusahaan Sriwijaya Air, juga mulai melayani beberapa penerbangan rute baru di kawasan Indonesia timur.

Rute yang dimaksud adalah Nabire-Biak PP, Nabire-Jayapura PP dan Jayapura-Dekai PP. "Dengan dioperasikannya pesawat ATR berkapasitas 72 penumpang diharapkan bisa membantu pemenuhan jasa angkutan udara bagi semua warga di Indonesia Timur. Diharapkan pula kehadiran rute baru Nam Air ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta membantu percepatan pembangunan dan pariwisata di tanah Papua," kata Toto.

Adapun Jadwal penerbangan rute Nabire - Biak PP yaitu berangkat dari Nabire pukul 06.30 WIT dan tiba di Biak pukul 07.20 WIT. Sedangkan penerbangan sebaliknya yakni berangkat dari Biak pukul 07.45 WIT dan tiba kembali di Nabire pada pukul 08.35 WIT.

Sedangkan untuk penerbangan Nabire - Jayapura PP yaitu berangkat dari Nabire pukul 09.00 WIT dan tiba di Jayapura pukul 10.40 WIT. Sedangkan untuk penerbangan sebaliknya yaitu berangkat dariJayapura pukul 13.55 WIT dan akan tiba kembali di Nabire pada pukul 15.35 WIT.

Untuk penerbangan Jayapura - Dekai PP yaitu berangkat dari Jayapura pukul 11.15 WIT, tiba di Dekai pukul 12.05 WIT. Sedangkan penerbangan sebaliknya yaitu berangkat dari Dekai pukul 12.30 WIT dan tiba kembali di Jayapura pukul 13.20 WIT.

GM PT Angkasa Pura I Biak Minggus ET Gandeguai mengatakan adanya rute baru tersebut akan lebih meramaikan kembali penerbanfan di Biak yang sempat alami kelesuan. "Tentu kamu sambut penerbangan baru ini sehingga bandara di Biak bisa lebih ramai dan lalu lintas penumpang makun banyak," kata Minggus.

Dia berharap pula Biak agar mampu juga sebagai destinasi wisata di Papua untuk bisa menyaingi Raja Ampat. Sriwijaya Grup saat ini setidaknya memiliki 55 pesawat terdiri Boeing 737-900 ER, 737-800 NG, 737-300,737-500, dan ATR 72-600 dengan 59 rute penerbangan domestik dan regional. Maskapai juga sudah menerbangkan pesawat ke sejumlah kota di China, Kualalumpur, dan Dili. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment