NasDem Resmi Buka Pendaftaran Balonbup Mimika

Bagikan ke Google Plus
NasDem Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Mimika
SAPA (TIMIKA) – Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Nasional Demokrat (NasDem) Mimika, Aser Gobay, ST mengatakan,  Partai NasDem sudah resmi membuka pendaftaran untuk perekrutan bakal calon Bupati (balonbup) Mimika periode 2018-2023. Dan nantinya, pihaknya akan memilih kandidat yang mekolaborasikan visi misi partai dengan program yang menyentuh langsung ke masyarakat. 

“Partai NasDem resmi buka pendaftaran dari 5-15 Juli 2017, dan dibuka secara umum,” kata Aser Gobay saat ditemui Wartawan di Sekretariat Partai NasDem di Jalan Sam Ratulangi, Rabu (5/7).

Aser juga menjelaskan, bahwa dalam pendaftaran tersebut pastinya ada persyaratan umum dan persyaratan khusus. Kalau persyaratan umum bersifat administrasi, sesuai dengan ketentuan pada Undang undang nomor 10 tahun 2016. Sementara persyaratan khusus, seperti memiliki komitmen kepada partai apabila diusung. Serta mempunyai visi dan misi yang langsung menyentuh ke masyarakat dan sesuai dengan harapan dari masyarakat Mimika. Yang tidak kalah pentingnya pembangunan harus dikolaborasikan dengan program Nawacita Presiden Jokowi. 

Lanjutnya, untuk mendaftar ke partai-partai tidaklah gratis. Namun NasDem tidak mematok biaya pendaftaran bagi kandidat yang hendak mendaftar.

“Ada dua syarat yang harus dilengkapi balonbup, yaitu umum dan khusus. Dan itu sudah sesuai petunjuk dari pusat,”jelas Aser.

Lanjut Aser, pihak NasDem tidak akan melihat kandidat dari adanya hubungan keluarga dengan pimpinan partai atau atas dasar kesepakatan. Tetapi bagaimana melihat kandidat yang bisa membangun Mimika. Hal ini karena, Mimika merupakan miniatur Indonesia bahkan dunia. Sehingga perlu dilakukan perubahan disemua lini, terlebih khusus pembangunan.

“Kandidat  akan dilihat dari kemampuan dan potensinya, apakah bisa membangun Mimika secara utuh. Dan itu yang akan kami rekomendasikan,”ujarnya.

Ia menambahkan, dengan melihat hal tersebut, maka setelah pendaftaran, pihaknya akan melakukan verifikasi berkas dan merekomendasikan tiga kandidat untuk diteruskan ke provinsi dan pusat. Setelah itu tim dari NasDem akan turun langsung ke masyarakat untuk melakukan survey berkaitan dengan balonbup yang mendaftar. 

 “Kami akan verifikasi dan setelah itu kami merekomendasikan, terus tim survey akan turun ke masyarakat untuk menilai dan setelah itu kami akan diputuskan oleh DPP NasDem,” ungkapnya.

Sementara itu Sekertaris NasDem, Daud Bunga, ST mengatakan, dalam pendaftaran tidak bisa diwakilkan, karena pihaknya ingin melihat secara langsung keseriusan dari kandidat yang mendaftar. Apabila yang bersangkutan tidak bisa, maka dimandatkan kepada pasangan calon Bupati.

“Kandidat harus datang sendiri dan mendaftar bukan diwakili. Karena kita mau lihat tingkat keseriusan orang yang mendaftar, apakah serius ataukan main-main. Tapi, kalau yang mau mendaftar ada di luar Timika, boleh ada perwakilan. Itupun yang menjadi pasangan calon tersebut,” jelasnya (RickyLodar)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment