Nopol Mobil Luar Mimika Akan Ditertibkan

Bagikan ke Google Plus
Ilustrasi
SAPA (TIMIKA) – Mengingat banyaknya roda empat (mobil,red) yang beroperasi dengan menggunakan nomor polisi (nopol) luar Mimika, Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Mimika akan melakukan razia untuk menertibkan kendaraan-kendaraan tersebut.

"Dalam waktu dekat ini, kami akan lakukan razia terhadap mobil yang masih menggunakan nopol luar Mimika.Tapi sebelumnya akan dilakukan sosialisasi, terkait dengan penertiban nopol luar Mimika,"kata Kasat Lantas Polres Mimika AKP Samuel Dominggus Tatiratu,SIK kepada wartawan di Pusat Pelayanan Polres Mimika,Kamis (6/7).

Kata dia, terkait dengan nopol dari luar daerah, maka secara otomatis pemilik kendaraan harus melaporkan. Dimana semua kendaraan dengan nopol luar daerah wajib hukumnya membawa fotocopy Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Karena banyak yang hanya memiliki Ssurat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) tanpa BPKB.

Lanjutnya, kalau ada BPKB yang masih tertahan di dealer kota asal kendaraan, karena kendaraan masih dalam proses kredit. Maka bisa dikoordinasikan, untuk mengirimkan fotocopy identitas yang ada dalam BPKB tersebut. Ditambah dengan surat kredit dari dealer atau bukti lainnya.

“Permintaan hanya fotocopy BPKB ini, agar dokumen BPKB yang asli tidak hilang, apabila terjadi suatu hal yang tidak diinginkan,”ujarnya. 

Ia menegaskan, apabila dalam razia pihaknya menemukan pemilik kendaraan tidak bisa menunjukkan surat-surat kendaraan, maka akan langsung diamankan. Tetapi akan diberikan kesempatan satu minggu, untuk melengkapi surat-surat kendaraan tersebut.

“Kalau surat kendaraan tidak lengkap, diberi kesempatan satu minggu untuk melengkapi. Kalau tidak bisa, kami akan koordinasi dengan Direktorat Kriminal Umum Polda Papua, bahwa kendaraan tersebut tidak memiliki identitas. Sehingga bisa di ambil alih oleh Dit Reskrimum,”terangnya. (Markus Rahalus)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment