Pekan Ini Batas Terakhir Pengambilan Nomor Tes Peserta Beasiswa Pemkab

Bagikan Bagikan

SAPA (TIMIKA) - Panitia Seleksi calon mahasiswa peserta beasiswa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, pada Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) Setda Mimika, memberikan batas waktu pengambilan nomor tes peserta hingga akhir pekan ini, Sabtu (22/7). Peserta yang lolos, nantinya akan dikirim ke Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara (STIP-AN) Jakarta.

“Dari 76 peserta, masih sekitar 10 orang yang belum mengambil nomor tes. Bagi yang belum, silakan datang ke kantor dan tidak boleh di wakili. Yang tidak mengambil nomor tes sampai Sabtu, kami anggap gugur,” kata Kepala Bagian (Kabag) SDM Setda Mimika, Hengki Amisim, Kamis (20/7).

Agar lolos sebagai mahasiswa STIP-AN, peserta harus lulus melewati dua ujian, yakni tes Potensi Akademik (TPA) dan tes kesehatan. Pelaksanaan tes akan di selenggarakan langsung oleh tim dari STIP-AN Jakarta yang difasilitasi oleh Panitia Seleksi Bagian SDM Setda Mimika.

TPA rencana akan dilaksanakan pada Selasa (25/7) pagi dan bertempat di Hotel Grand Tembaga. Para peserta wajib membawa nomor tes untuk diselaraskan dengan registrasi panitia seleksi. Hasil TPA langsung diumumkan di media cetak pada Rabu (26/7) pagi.

“Sebelum tes kita akan verifikasi nomor tes peserta, jadi tidak ada istilah joki. Kita sangat hati-hati untuk menjaga kualitas peserta yang lolos,” tegas Hengki.

Peserta yang lolos TPA Selanjutnya diwajibkan mengikuti tes kesehatan di Puskesmas Timika pada Rabu (26/7) pagi. Berdasarkan dua ujian/tes tersebut, STIP-AN akan menentukan 30 peserta yang berhak menjadi mahasiswa STIP-AN tahun ini.

Pemkab Mimika telah melakukan MoU bersama STIP-AN pada tahun 2016, untuk mengirimkan 30 anak asli Amungme dan Kamoro (Amor) mengenyam pendidikan tinggi di STIP-AN Jakarta mulai tahun ini.

Peserta yang lulus tes selanjutnya akan masuk asrama pada Agustus mendatang tanpa dibebani biaya apapun.

Tahun ini Pemkab Mimika menganggarkan Rp5,3 miliar bagi 30 anak di STIP-AN untuk enam semester dari APBD. Sementara biaya untuk dua semester berikutnya baru akan dianggarkan tahun berikutnya.

Sebelum diberangkatkan ke Jakarta, orangtua dari 30 anak tersebut wajib menandatangani surat kesepakatan dengan Pemkab Mimika. Isi surat kesepakatannya, yakni orang tua bersedia anaknya belajar di STIP-AN, dan bila terjadi hal di luar MoU maka Pemkab Mimika tidak bertanggung jawab. (Markus Rahalus)


Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment