Pemkab Asmat Buka Akses Informasi Masyarakat

Bagikan Bagikan



SAPA (ASMAT) — Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah Kabupaten Asmat, M. Reza A. Baadila mengatakan, pemerintah setempat berkomitmen membuka akses informasi bagi masyarakat yang berada di 23 distrik dan 224 kampung di kabupaten itu.
Guna mendukung proses penyelenggaraan pemerintahan yang transparan, bersih dan akuntabel, Bagian Humas siap menempatkan diri sebagai garda terdepan penyebarluasan informasi kepada masyarakat.
“Humas memiliki peran penting dan strategis sebagai garda terdepan atau jembatan informasi antara pemerintah dan masyarakat. Sesuai UU Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Humas turut berperan mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel,” kata Reza, Selasa (18/7).
“Masyarakat berhak memperoleh informasi dan pemerintah berkewajiban memberi akses informasi. Itu untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan yang transparan, akuntabel dan bersih,” sambungnya.
Terkait peran Bagian Humas, Reza mengaku pihaknya telah melakukan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan penyebarluasan informasi, diantaranya, menerbitkan majalah pemerintah daerah secara berkala.
“Majalah Atakam kita bagikan secara gratis di kampung-kampung dan distrik. Lalu kami bekerjasama dengan Dinas Kominfo Asmat membuat sebuah website Pemda Asmat,” katanya.
Selain itu, menurut Reza, pihaknya juga telah menjalin kerjasama dengan sejumlah media cetak, elektronik dan online guna menyebarluaskan informasi terkait kegiatan pembangunan di daerah itu sesuai visi-misi bupati dan wakil bupati.
“Diantaranya Program 1000 Hari Pertama Kehidupan Manusia. Ini terkait kesehatan dan pendidikan. Lalu ada program pembangunan infrastruktur, seperti bandara. Juga ekonomi kerakyatan dan lain-lain,” ujarnya.
Reza berharap dengan semakin terbukanya kran informasi penyelenggaraan pemerintahan, ada respon (feedback) masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan di kabupaten itu.
“Melalui informasi yang aktual, nyata dan valid, masyarakat akan percaya kepada pemerintah. Dengan begitu kita mengharapkan adanya peran serta mereka,” tandasnya. (Nuel)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment