Pemkab Biak Butuh Peran LIPI

Bagikan Bagikan



SAPA (BIAK) - Sekretaris Daerah Kabupaten Biak Numfor, Papua Markus Oktovianus Mansnembra mengatakan, pihaknya masih membutuhkan peran Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam melakukan pengembangan teknologi tepat guna untuk mengelola sumber daya alam unggulan bidang perikanan kelautan dan pariwisata.

"Keberadaan UPT LIPI di Biak telah membantu Pemkab Biak Numfor dalam mewujudkan pengelolaan sumber daya alam yang dapat mendorong partisipasi masyarakat melalui kajian keilmuan," kata Sekda Markus Mansnembra pada kunjungan kerja Wakil Kepala LIPI Prof Dr Bambang Subiyanto di gedung Sasana Krida Biak, Jumat (21/7).

Sekda Markus mengakui, UPT LIPI yang berdiri di Kabupaten Biak Numfor sejak belasan tahun beroperasi telah banyak memberikan kontribusi kajian ilmu pengetahuan terhadap potensi sumber daya alam dimiliki Biak.

Markus berharap, jajaran LIPI Biak dapat meningkatkan kerja sama dengan Pemkab Biak Numfor untuk melakukan penelitian dan kajian bagi pengelolaan potensi sumber daya perikanan dan pariwisata.

"LIPI menjadi mitra kerja Pemkab Biak Numfor dalam mewujudkan visi misi Biak bangkit mandiri untuk perubahan," kata Sekda Markus Mansnembra.

Keterlibatan LIPI di Biak, lanjut Sekda Markus, telah mampu membuat alih tekologi bagi warga lokal dalam memanfaatkan potensi sumber daya alam sektor perikanan dan kelautan serta bidang pariwisata.

Sementara itu, Wakil Kepala LPII Bambang Subinyanto mengajak, pemkab Biak Numfor untuk membantu pengembangan dan pengelolaan UPT LIPI Biak.

Kelembagaan LIPI, lanjut Bambang, diharapkan terus memainkan peran dalam melakukan kajian berbagai bidang pembangunan untuk mempercepat peningkatan pembangunan sektor kelautan dan perikanan di Biak.

Kunjungan Wakil Kepala LIPI Bambang Sugianto ke Biak Numfor didampingi sejumlah pejabat LIPI ditandai dengan tanya jawab serta pemberian plakat lambang daerah Kabupaten Biak Numfor diserahkan Sekda Markus Mansnembra. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment