Perda Pengaturan Bangunan dan Sampah Harus Ditegakkan

Bagikan Bagikan
Robert Mayaut
SAPA (TIMIKA) – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Mimika, Robert Mayaut mengatakan, sampai saat ini peraturan daerah (Perda) tentang pengaturan tata letak bangunan dan sampah masih belum dijalankan. Sehingga, tata letak bangunan yang ada di daerah ini tidak sesuai dengan desain penataan kota.

“Saya minta instansi terkait penegakan Perda harus menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sebagaimana mestinya,”kata Kadis PU Robert Mayaut saat ditemui Salam Papua di Kantor DPU Kabupaten Mimika, Selasa (11/7).

Kata dia, kalau menurut aturan, maka tata letak bangunan harus disesuaikan dengan garis sempadan dari bibir sungai. Dan hal tersebut sudah di Perdakan, namun kenyataannya hal tersebut masih belum dijalankan dengan baik.

“Kan sudah ada aturan, masyarakat yang membangun harus disesuaikan dengan garis sempadan sungai. Tapi hingga sekarang, kita semua tahu sama sekali belum ada eksekusinya di lapangan. Kita harap itu ditegakan,”tutur Kadis PU, Robert Mayaut.

Menurut Robert, di luar Mimika sudah terlalu banyak bukti, bahwa Perda yang telah dilakukan, seperti penertiban bengunan tanpa IMB, penggusuran pemukiman di bantaran sungai, serta pemberlakuan sanksi terhadap masyarakat yang menentang aturan tersebut. Ini sebagai bentuk ketegasan pemerintah dalam menjalankan aturan yang ada. 

Lanjutnya, hal-hal tersebutlah yang seharusnya dilakukan di daerah ini, agar daerah ini terlihat tertib dan rapi. Namun demikian, perlu dilakukan sosialisasi kepada masyarakat, tentang aturan yang ada tersebut. Sehingga pada saat dilakukan penegakan, masyarakat sudah mengetahui tentang pelanggaran yang dilakukan.

“Perda yang ada harus ditegakkan. Dan sebelum ditegakkan perlu disosialisasi, melalui imbauan-imbauan. Kalau tidak diindahkan, maka pemerintah tidak salah apabila dilakukan penegakan Perda tersebut,”ungkapnya.(Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment